Suntikan KB



alat kontrasepsi

Metode kontrasepsi yang diberikan dengan cara disuntikkan. Cara kerjanya adalah meningkatkan kekentalan lendir rahim sehingga gerakan sperma menurun atau menjadi lambat dan tidak dapat bertemu dengan sel telur, serta mencegah terjadinya pematangan sel telur. Kunjungi Bidan atau Dokter untuk mendapatkan suntikan, dan dijadwalkan secara rutin sesuai jadwal Suntikan KB terdiri dari dua jenis: Suntikan KB 1 bulan yang mengandung hormon kombinasi estrogen dan progesteron . Serta Suntikan KB 3 bulan yang hanya mengandung hormon progesteron sehingga aman untuk dipakai oleh Ibu menyusui.

Praktis, aman dan terjangkau.

99% efektif mencegah kehamilan apabila rutin digunakan secara tepat.

Cocok sebagai pilihan alternatif bagi orang yang terkadang lupa untuk mengkonsumsi Pil KB setiap hari, karena durasi penggunaannya lebih Panjang ( 1 atau 3 bulan). Gunakan alarm sebagai pengingat untuk saatnya melakukan suntikan kembali.

Cara Menggunakan
Kunjungi Bidan atau Dokter Kandungan mendapatkan Suntikan KB. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai waktu dan jadwal yang cocok bagi kamu untuk mendapatkan Suntikan KB, karena kedisiplinan waktu pada saat Suntikan KB menentukan efektivitasnya dalam mencegah kehamilan.

Jika terlambat lebih dari dua minggu untuk melakukan Suntikan KB, perlu dilakukan tes kehamilan terlebih dahulu sebelum mendapatkan kembali Suntikan KB.

Spotting mungkin dapat terjadi pada dua atau tiga kali periode menstruasi setelah pemakaian Suntikan KB, namun hal ini normal.
Beberapa orang memiliki keluhan perubahan pada pola menstruasi , sakit kepala dan perubahan suasana hati karena perubahan hormon. Namun efek samping yang terjadi sangat tergantung pada keadaan tubuh masing-masing individu dan tidak terjadi pada semua orang. Apabila muncul beberapa efek samping biasanya hal tersebut sebagai bagian dari masa adaptasi tubuh dan bersifat sementara.

Positif Vs. Negatif Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Praktis , Aman dan Terjangkau. Perubahan siklus menstruasi, karena perubahan hormon
99% efektif mencegah kehamilan jika Suntikan KB dilakukan secara rutin dan tepat waktu
Tidak perlu dikonsumsi setiap hari seperti Pil KB
Sangat efektif mencegah kehamilan jika Suntikan KB dilakukan tepat waktu

: Kontrasepsi mempengaruhi mood?

: Jika kamu merasa bahwa menggunakan kontrasepsi dapat mempengaruhi mood, saatnya kamu berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan. Respon setiap orang terhadap metode kontrasepsi berbeda-beda, dan tenaga medis dapat membantu kamu untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat untuk kamu gunakan.


: Spotting pada saat menggunakan Suntikan KB, perlukah khawatir?

: Spotting, dapat terjadi karena berbagai alasan, namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengurangi banyak darah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter atau Bidan apabila kondisi berlanjut selama lebih dari tiga bulan.


: Pusing pada saat menggunakan Suntikan KB?

: Pusing merupakan efek samping yang jarang terjadi ketika menggunakan Suntikan KB. Apabila pusing semakin tidak tertahankan, segera konsultasikan dengan dokter.


QUICK FACTS

Praktis dengan pilihan perlindungan dari 1 hingga 3 bulan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.



99% efektif mencegah kehamilan jika digunakan secara teratur

Suntikan KB 3 bulan aman digunakan untuk Ibu Menyusui



Kunjungi bidan atau dokter untuk berkonsultasi tentang waktu yang tepat untuk melakukan suntikan



Efek Samping

Pendarahan pada saat menstruasi.



#TakeCTRL with Berani Berencana