Implan



alat kontrasepsi

Implan adalah metode kontrasepsi berbentuk batang kecil yang dipasang di bawah kulit lengan atas bagian dalam . Metode ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Implan mengandung hormon progesterone. Cara kerja nya adalah meningkatkan kekentalan lendir rahim sehingga gerakan sperma menurun atau menjadi lambat dan tidak dapat bertemu dengan sel telur, serta mencegah terjadinya pematangan sel telur. Aman untuk digunakan oleh Ibu Menyusui. Termasuk Metode Kontrasepsi Jangka Panjang karena masa waktunya hingga 3 tahun.

Pemasangan cepat kurang dari 15 menit dan melindungi hingga 3 tahun.

Kecil dan invisible, tidak akan terlihat oleh orang lain

Implan cocok bagi kamu orang yang praktis dan tidak ingin khawatir lupa memakai kontrasepsi karena perlindungannya tahan lama hingga 3 tahun.

Tidak menggangu produksi ASI, aman digunakan oleh Ibu Menyusui.
Cara Menggunakan

Pemasangan dan pelepasan implan hanya dapat dilakukan oleh bidan atau dokter terlatih.

Kamu akan disuntikkan obat anastesi sebelum pemasangan sehingga tidak terasa sakit saat pemasangan.

Pemasangan berlangsung singkat (15-20 menit) dan bisa langsung melanjutkan aktivitas seperti biasa

Setelah implan dipasang, posisi implan akan tetap berada di bawah kulit lengan kamu, dan siap bekerja untuk melindungi terhadap kehamilan hingga tiga tahun.

Waktu pemasangan yang tepat adalah pada saat hari pertama menstruasi. Jika dipasang pada saat tidak menstruasi, gunakan kondom atau kontrasepsi darurat terlebih dahulu selama seminggu sebelum Implan dipasang.
Efek Samping

Beberapa mengeluh adanya spotting, perubahan pola menstruasi, pusing, mual dan nyeri pada payudara. Pada umumnya efek samping ini akan berangsur hilang setelah beberapa bulan awal penggunaan sebagai bentuk adaptasi tubuh

Tidak dianjurkan untuk Wanita yang mengidap penyakit jantung, stroke, tumor hati dan kanker payudara.

Positif Vs. Negatif Setiap metode kontrasepsi memiliki hal positif dan negatif yang berbeda-beda. Dan pengalaman yang dialami orang ketika menggunakan kontrasepsi akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Jadi, apa yang kamu alami belum tentu sama dengan teman kamu lainnya.
POSITIF NEGATIF
Praktis , Terjangkau dan Efektif Bercak spotting pada menstruasi setelah implan dipasang, atau tidak mengalami menstruasi sama sekali. Namun tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal dan tidak mengganggu kesehatan.
Perlindungan tahan lama hingga 3 tahun
Tidak menggangu produksi ASI, jadi aman digunakan oleh Ibu Menyusui

: Kontrasepsi mempengaruhi mood?

Jika kamu merasa bahwa menggunakan kontrasepsi dapat mempengaruhi mood, saatnya kamu berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan. Respon setiap orang terhadap metode kontrasepsi berbeda-beda, dan tenaga medis dapat membantu kamu untuk memutuskan metode kontrasepsi yang tepat untuk kamu gunakan


: Spotting pada saat menggunakan Pil KB, perlukah khawatir?

: Spotting, dapat terjadi karena berbagai alasan, namun kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan mengurangi banyak darah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter atau Bidan apabila kondisi berlanjut selama lebih dari tiga bulan.


: Pil KB Dapat Menyebabkan Kanker?

Tidak. Beberapa perempuan mungkin mengalami pembekuan darah ketika menggunakan Pil KB tetapi, risiko pembekuan darah saat minum Pil KB jauh lebih rendah daripada risiko mengalami pembekuan darah pada saat hamil.


: Sulit untuk mengingat kapan harus mengonsumsi Pil KB?

Yang perlu dilakukan adalah menginstal alarm sebagai pengingat setiap hari, atau aplikasi pengingat kontrasepsi.

: Merasa mual dan pusing setelah mengonsumsi Pil KB?

: Konsumsi pada malam hari sebelum tidur, atau pilih Pil KB yang memiliki kandungan estrogen rendah.

QUICK FACTS

Mudah dipasang dan sangat efektif



Dipasang dibawah lengan, namun tidak akan terlihat orang lain karena sangat kecil

Tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.



Masa pemakaian hingga 3 tahun.



Tingkat Efektifitas : 99% efektif mencegah kehamilan bila digunakan secara tepat.



Efek Samping

Pendarahan pada saat menstruasi biasanya pada 3 bulan pertama pemakaian, mual dan pusing.



#TakeCTRL with Berani Berencana