Wah, Ternyata Ini Alasan Puting Payudara Mengeras Ketika Terangsang!


Kunyit

Berencana Squad, payudara merupakan salah satu zona erogenous bagi banyak perempuan (Younis, Fattah & Maamoun, 2016). Zona erogenous adalah daerah di sekitar tubuh yang lebih mudah terangsang secara seksual. Berbeda dengan laki-laki, perempuan terkadang sulit mencapai orgasme hanya dari penetrasi penis ke dalam vagina saja, sehingga membutuhkan lebih banyak rangsangan seksual. Misalnya, dengan sentuhan di bagian payudara.

Baca juga: Biar Bentuk dan Warna Payudara Berbeda, Fungsi Lebih Utama

Ketika payudara terangsang, otak memberi sinyal agar otot di area payudara berkontraksi. Saat otot di sekitar areola berkontraksi, puting payudara pun turut mengeras, seperti sedang ereksi (Zucca-Matthes, Urban & Vallejo, 2016). Uniknya, rangsangan yang bisa membuat puting mengeras nggak hanya rangsangan fisik, namun juga psikologis. Artinya, puting juga bisa mengeras karena fantasi seksual yang membuat gairah seseorang meningkat. Menarik, ya?

Baca juga: Kontrasepsi Hormonal Bikin Payudara Lebih Gede, Masa Iya?

Puting yang mengeras seharusnya nggak mengganggu, namun jika kamu mulai merasa nggak nyaman atau khawatir puting terlihat menonjol dari bawah pakaian yang sedang digunakan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

• Gunakan padded-bra, yaitu bra dengan cup yang berbahan agak tebal.
• Kalau bra atau pakaian yang kamu gunakan terlalu tipis, kamu juga bisa mengakalinya dengan menggunakan tambahan nipple covers berbahan silikon lembut. Nipple covers banyak dijual di berbagai toko online dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari belasan ribu rupiah.
• Bila kamu masih belum tenang juga, kamu pun bisa melapisi baju yang kamu gunakan, misalnya dengan memakai tambahan kardigan, rompi, syal, sweater, atau jaket.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Payudara Nyeri Menjelang Menstruasi

Berencana Squad, itulah sekilas penjelasan mengenai mengapa puting payudara bisa mengeras ketika terangsang. Selain itu, kalau kamu masih punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi, hubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113900527
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: