Vagina Sering ‘Becek’, Normal Nggak Sih?


Kunyit

Berencana Squad, mungkin kamu sering bingung mengapa pakaian dalam kamu basah melulu, padahal kamu sudah mengeringkan diri sehabis buang air kecil. Kalau kamu pernah mengalami hal ini, jangan khawatir, sebab pengalamanmu merupakan sesuatu yang normal dan memang akan sering kamu hadapi sebagai seorang perempuan. Cairan becek yang sering menempel di pakaian dalam keluar dari vagina dan berasal dari serviks alias leher rahim.

Baca juga: Penting Banget! 3 Alasan Kamu Wajib Ganti Pakaian Dalam Secara Rutin

Setiap bulannya, hormon estrogen dalam tubuh kamu merangsang sebuah kelenjar di dalam serviks untuk memproduksi lendir (Griffey, 2010). Lendir dari leher rahim inilah yang sering kamu temukan ketika berganti pakaian dalam. Cairan ini diproduksi oleh tubuh khususnya menjelang ovulasi dan memiliki peranan penting dalam menjaga kesuburan kamu. Berikut beberapa manfaat cairan ini (Hill, 2019):

• Menjadi salah satu tanda masa subur
Cairan saat masa subur sangat basah, licin, dan elastis dengan tingkat kekentalan seperti putih telur. Kelicinan cairan masa subur ini ada untuk membantu sperma masuk dan membuahi sel telur dengan lebih mudah. Ketika kamu sedang tidak subur, cairan tersebut akan lebih lengket dan cepat kering, sehingga mempersulit sperma untuk masuk. Akan tetapi, jangan khawatir jika kamu melihat cairan yang menandakan bahwa kamu sedang tidak subur, karena ini juga normal, khususnya setelah datang bulan.

Tekstur cairan lendir leher rahim akan terus berubah sesuai dengan siklus menstruasi bulanan kamu. Awalnya, sehabis menstruasi cairan lendir cenderung kering atau hanya basah sedikit. Beberapa hari kemudian akan jadi semakin tebal dan lengket seperti mainan slime. Kemudian seiring kamu mulai memasuki masa subur, kelembaban cairan meningkat, cairan jadi lebih creamy seperti susu atau lotion, dan pada puncak masa subur akan sangat basah dengan wujud yang menyerupai putih telur.

Baca juga: Macam-macam Tes Kesuburan, Ada Apa Aja Ya?

• Membuat hubungan seks lebih nyaman
Ketika terjadi hubungan seks, cairan ini bekerja sebagai pelumas. Adanya pelumas alami dari tubuh ini bisa membantu mengurangi dampak gesekan penis terhadap vagina sehingga mencegah lecet serta membuat seks lebih aman. Dengan demikian, kenyamanan saat berhubungan seks pun meningkat.

• Menjaga kualitas sperma
Cairan lendir leher rahim membantu mempertahankan sperma yang masuk agar tetap hidup dan terjaga kualitasnya. Cara kerjanya adalah dengan menciptakan lingkungan yang bersifat basa. Dengan begini, sperma tidak akan rusak akibat keasaman vagina.
 
Baca juga: Remaja Perlu Tau! Cairan Pra-Ejakulasi Itu Apa Sih?

Volume dan kualitas cairan lendir serviks pada perempuan sehat bisa saja berbeda-beda (Dweck & Westen). Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Kamu bisa bertanya serta konsultasi lebih lanjut ke Berani Berencana melalui:
- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, curhat ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply

, 2020-05-01 09:11:36.688202

Cool website! My name’s Eric, and I just found your site - beraniberencana.com - while surfing the net. You showed up at the top of the search results, so I checked you out. Looks like what you’re doing is pretty cool. But if you don’t mind me asking – after someone like me stumbles across beraniberencana.com, what usually happens? Is your site generating leads for your business? I’m guessing some, but I also bet you’d like more… studies show that 7 out 10 who land on a site wind

Reply

TEST

bughunt-borneo.o , 2020-05-26 19:03:40.204595

TEST

bughunt-borneo.org



Reply





Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: