Vagina “Dirapatkan” Lagi, Memang Bisa?


Kunyit

Salah satu hal yang cukup dikhawatirkan banyak cewek tapi malu buat dibicarakan atau diungkapkan ke orang-orang terdekat adalah mengenai organ kemaluannya, salah satunya mengenai elastisitas vagina. Padahal, nggak ada salahnya membicarakannya dengan teman atau orang terdekat lho!

Lalu, apa yang menyebabkan vagina berkurang elastisitasnya?
Vagina kita punya kemampuan elastik yang luar biasa. Vagina dapat meregang untuk membiarkan benda lain lewat, misalnya ketika melakukan hubungan seksual, lalu vagina dapat kembali ke ukurannya semula lagi setelahnya.

Jadi sebenarnya, sering atau tidaknya melakukan hubungan seksual tidak menyebabkan vagina seorang cewe mengendur, loh. Ini karena vagina memiliki kemampuan untuk kembali ke ukurannya semula lagi.

Ketika membahas vagina yang kencang, sebenarnya otot yang berperan penting justru otot panggul yang terletak dekat dengan vagina. Kekuatan otot panggul dapat menurun seiring dengan umur atau persalinan. Tapi kekuatan otot ini dapat dijaga dengan olah raga yang tepat. Otot panggul yang kuat ternyata penting juga untuk kesehatan, terutama yang berhubungan dengan sistem ekskresi kita.

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kekuatan otot panggul apa saja sih?
Ada beberapa latihan yang dapat kita lakukan untuk melatih otot panggul, termasuk senam kegel, yoga, pilates, dan berbagai latihan lainnya. Berikut beberapa latihan mudah yang dapat dicoba kapan saja.

  • Senam kegel
    Mungkin buat cewek nggak asing dengan senam satu ini, atau beberapa yang masuk ke pusat kebugaran sering mendengar instruktur menyebutkan senam satu ini. Jadi, senam ini dilakukan seperti pura-pura ingin buang air kecil, otot yang berkontraksi saat kamu menahan pipis adalah otot panggul bawah. Yang perlu dilakukan adalah kencangkan otot tadi tahan selama 5 detik dan lakukan dalam 5 kali pengulangan.
  • Squat
    Selain senam kegel, salah satu gerakan olahraga satu ini juga cukup familiar ya? Caranya sekilas mirip kaya jongkok, tapi sedikit berbeda. Kamu cukup merentangkan kaki selebar pinggul, lalu tangan diletakkan di samping kanan kiri pinggul lalu turunkan pinggul dengan kaki menekuk seolah ingin duduk dan lakukan 5-10 hitungan.

“Dirapatkan” Lagi Bisa Nggak?
Kayak yang sudah disebutkan di atas, bahwa vagina seorang cewek sifatnya elastis, masalah rapat atau tidaknya tentu nggak ada ukuran standarnya. Tapi, kamu bisa selalu menjaga kekuatan otot panggul dengan cara berolahraga seperti 2 gerakan di atas dan jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi.

Jadi, jangan gampang percaya lagi yah kalau ada yang menawarkan suntik ini itu untuk mengembalikan elastisitas vagina, ada baiknya selalu konsultasi dengan dokter atau pergilah ke rumah sakit.

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: