Tetap Bebas Beraktivitas dengan IUD, Bisa Banget!


Kunyit

Berencana Squad, kamu mungkin pernah dengar kabar bahwa pengguna IUD nggak boleh banyak melakukan kegiatan fisik dan nggak bisa bebas beraktivitas. Ternyata, informasi ini sama sekali nggak benar, loh! Agar kamu jelas, kali ini akan kita bahas sedikit mengenai IUD.

IUD adalah salah satu metode kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada dua macam IUD, yaitu IUD non hormonal dan IUD hormonal. Keduanya berbentuk seperti huruf T dan berukuran lebih kurang 3 cm. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan ion dan/atau hormon yang akan mempersulit sperma untuk bertemu dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

Berikut informasi mendasar mengenai IUD yang perlu kamu tau:

• IUD dipasang oleh dokter, bidan, atau tenaga medis terlatih lainnya. IUD ditempatkan di dalam rahim. Pemasangannya sama sekali nggak ribet serta relatif singkat. Keseluruhan proses biasanya hanya memakan waktu 15-20 menit.

• Pemasangan IUD bisa dilakukan kapan saja dan nyaman asalkan saat pemasangan tetap rileks, ya. Kalaupun timbul sedikit rasa nyeri, ini adalah sesuatu yang normal sebagai bentuk adaptasi rahim dan akan segera berlalu dengan cepat.

• Bagi perempuan yang baru melahirkan, IUD juga dapat dipasang langsung dalam jangka waktu 1-2 hari setelah melahirkan atau 4 minggu kemudian.

• IUD dapat digunakan untuk jangka panjang, yaitu selama 3 sampai 10 tahun. Bagi kamu yang memiliki jadwal aktivitas yang padat, ini poin plus buat kamu karena kamu nggak perlu sering bolak-balik ke dokter atau bidan. 

Nah, karena IUD merupakan alat yang diletakkan di dalam rahim, sering kali di kalangan awam IUD dikhawatirkan bisa berpindah tempat kalau penggunanya banyak bergerak. Kenyataannya, nggak selebay itu kok. Kamu tetap bisa beraktivitas dengan bebas meskipun menggunakan IUD karena IUD pada umumnya nggak akan berpindah tempat. Hal paling penting adalah kamu melakukan kontrol ke bidan/dokter minimal setahun sekali atau jika ada keluhan.

Pada akhirnya, sebanyak apa pun akvititas kamu, aktivitas tersebut nggak akan mengurangi efektivitas IUD dalam mencegah kehamilan. Jadi, nggak apa-apa, pertahankan aktivitas yang kamu sukai. Bahkan kalau kamu senang bela diri seperti taekwondo, karate, atau wushu, silakan aja. Yang penting, kamu tetap menjaga kesehatan, serta mendapatkan istirahat yang cukup.

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: