Ternyata Begini Loh Masa Pubertas!


Kunyit

Pubertas adalah proses di mana seseorang mulai matang secara seksual serta memiliki kemampuan untuk bereproduksi. Masa dimulainya pubertas bisa berbeda-beda. Kalau dulu pubertas terjadi pada usia 13 tahun, sekarang banyak juga yang mulai mengalami pubertas di usia 8-9 tahun. Pada umumnya, perempuan mengalami pubertas 1-2 tahun lebih awal, sehingga wajar saja kalau perempuan berusia 11-13 tahun cenderung lebih tinggi, berat, dan kuat daripada laki-laki di usia yang sepantaran.

Tanda-tandanya gimana sih? 

Pada perempuan:

  • Payudara membesar dan aerola di sekitar puting melebar
  • Mengalami menstruasi
  • Muncul bulu-bulu halus di area ketiak dan di sekitar vagina
  • Sistem reproduksi dan organ reproduksi telah matang dan siap bekerja.
  • Pinggul berkembang lebih besar dan berisi

Pada laki-laki:

  • Bahu semakin melebar
  • Massa otot meningkat
  • Suara jadi semakin berat
  • Tumbuh bulu di area wajah, dada, ketiak, dan sekitar penis
  • Organ seksual dan reproduksi mulai berkembang dan penis mengalami ereksi, ukuran testis membesar dan mulai memproduksi sel-sel sperma
  • Mengalami mimpi basah, yaitu mimpi bersifat erotik yang diikuti dengan keluarnya sperma 

Apakah tanda-tanda pubertas pada perempuan dan laki-laki selalu mutlak berbeda? Kalo aku mengalami sesuatu yang dialamin lawan jenis, berarti nggak normal dong? Engga juga. Ada perubahan yang sama-sama terjadi pada perempuan dan laki-laki pada saat pubertas, yaitu:

  • Bulu-bulu di sekitar area penis dan vagina menjadi semakin keriting dan kasar
  • Dada membesar (meskipun pembesarannya lebih signifikan pada perempuan). Jadi jangan panik jika kamu laki-laki dan dadamu membesar di usia 15 tahun. 
  • Tumbuh bulu di area wajah serta dada. Kalau kamu perempuan dan kamu menemukan bulu di area putingmu, nggak perlu geli sendiri, itu normal kok.
  • Menjadi lebih berjerawat dan berkomedo, namun hal ini lebih intens terjadi pada laki-laki karena pengaruh testosteron.

Itulah tanda-tanda perubahan fisik yang terjadi saat pubertas, Berencana Squad! Mudah-mudahan kamu jadi lebih memahami perubahan yang terjadi pada tubuhmu dan teman-temanmu. 

 

 

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: