Suntik KB Bikin Nggak Bisa Hamil Lagi, Masa Sih?


Kunyit

Berencana Squad, mungkin kamu pernah mendengar orang yang bilang bahwa setelah suntik KB, perempuan nggak bakal bisa hamil lagi. Aduh, informasi yang seperti ini tentunya bikin perasaan jadi waswas. Tapi, kira-kira secara medis itu bener nggak ya? Biar nggak bingung, yuk kita bahas!

Sebelumnya, agar nggak salah kaprah, ada baiknya cari tahu dulu apa itu suntik KB. Suntik KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang digunakan untuk merencanakan suatu kehamilan ataupun mencegah kehamilan dengan cara disuntikkan ke dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk mencegah pelepasan sel telur dan mengentalkan lendir leher rahim untuk mempersulit masuknya sperma dan mencegah ovulasi.

Ada dua jenis suntik KB, yaitu:

·      Suntik KB 1 bulanan. Suntik KB yang dilakukan tiap bulan ini mengandung hormon kombinasi yaitu hormon progesteron dan estrogen.

·      Suntik KB 3 bulanan. Ini biasanya hanya mengandung hormon progesteron.

Apakah suntik KB bikin kamu jadi nggak bisa hamil lagi? Tenang aja, ini cuma mitos, kok. Baik suntik KB 1 bulanan maupun 3 bulanan nggak bakal memengaruhi kesuburan kamu secara permanen. Suntik KB juga nggak akan menyebabkan rahim kamu menjadi kering. Ibaratnya kamu mengikuti program PKL atau magang singkat selama 3 bulan sebagai syarat kelulusan dari SMK / kampus, setelah periode magang selesai, status kamu udah bukan seorang pekerja lagi. Begitu juga dengan suntik KB. Setelah periodenya lewat, ‘tugas’ dari suntikan KB sudah selesai, dan perencanaan kehamilan dapat dilakukan kembali.

Jika selama atau setelah suntik KB pola haid kamu menjadi kurang teratur, jangan cemas, ini bukan berarti kamu punya masalah kesuburan. Biasanya siklus kamu akan kembali normal dengan sendirinya. Tubuhmu mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk penyesuaian agar kadar hormon di dalamnya normal kembali. Namun jika kamu khawatir, kamu juga bisa berkonsultasi dengan kita dan datang langsung ke dokter atau bidan ya.    

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: