Setelah Menikah, Tunda Kehamilan Pakai KB Apa, Ya?


Kunyit

Berencana Squad, ada banyak sekali pilihan kontrasepsi untuk kamu yang ingin menunda kehamilan setelah menikah. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhanmu saja. Kali ini Berani Berencana akan berbagi tips mengenai berbagai pilihan alat kontrasepsi yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Wajib Tahu, 6 Manfaat Merencanakan Kehamilan bagi Pasangan Muda

• IUD
Mampu menunda kehamilan secara efektif hingga 10 tahun. Eitss, kalau perencanaan hamil kamu kurang dari itu, IUD bisa dilepas kapan aja kok jadi praktis banget Ada dua macam IUD, yaitu IUD tembaga dan IUD hormonal. IUD tembaga bekerja dengan melepas ion-ion yang aman bagi tubuh namun toksik bagi sperma, sedangkan IUD hormonal bekerja dengan melepas hormon yang menebalkan lendir leher rahim agar lebih sulit dilalui oleh sperma (Hill, 2019). IUD berukuran mungil, berbentuk seperti huruf T, dan dipasang di dalam rahim oleh tenaga medis terlatih.

• KB implan
Efektif hingga 4 tahun, cara kerja KB implan alias KB susuk nggak jauh berbeda dengan IUD hormonal, yaitu dengan melepas hormon penebal lendir rahim. Ukurannya seperti batang korek api. KB implan dimasukkan ke bawah permukaan kulit di lengan bagian atas oleh tenaga medis terlatih (Dweck & Westen, 2017). Seperti IUD, implan pun bisa dilepas sebelum masa perlindungannya berakhir.

• KB suntik
KB suntik melindungimu selama 1 hingga 3 bulan, tergantung dari jenisnya. Cara kerjanya serupa dengan IUD hormonal dan KB implan. Bedanya, IUD hormonal dan KB implan bisa dibatalkan dengan dilepas bila kamu berubah pikiran, sementara KB suntik tidak bisa. Kamu harus menunggu dulu hingga masa perlindungannya berakhir sebelum bisa hamil, soalnya hormon yang disuntikkan sudah disesuaikan dosisnya untuk masa perlindungan yang kamu pilih.

• Pil KB
Seperti IUD hormonal, KB implan, dan suntikan KB, pil KB juga merupakan alat kontrasepsi hormonal, sehingga cara kerjanya pun nggak jauh berbeda. Kamu hanya perlu datang ke dokter atau bidan untuk konsultasi awal memastikan kecocokan kamu pakai metode kb yang mana, dan jika cocok pakai pil kb bisa meminta resep saja. Setelahnya, kamu bisa mencegah kehamilan secara mandiri dengan meminum pil setiap hari pada jam yang sama.

• Kondom
Praktis, bisa dibeli tanpa resep, dan banyak variannya, kondom merupakan alat kontrasepsi yang sangat digemari serta satu-satunya yang juga bisa melindungi penggunanya dari infeksi menular seksual (IMS). Cara kerjanya sederhana, yaitu dengan menahan sperma agar tidak masuk ke dalam vagina. Meskipun begitu, kondom bukan merupakan alat kontrasepsi jangka panjang, sebab hanya bisa digunakan untuk sekali berhubungan seks saja.

Berencana Squad, itulah berbagai pilihan kontrasepsi yang bisa kamu gunakan setelah menikah. Selain itu, kalau kamu masih punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi, hubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113900527
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: