Selaput dara sudah robek tanda sudah nggak perawan. Benarkah?


Kunyit

Banyak banget yang mengaitkan selaput dara yang sudah robek dengan tanda sudah nggak perawan. Terus artinya juga si cewe sudah berhubungan seksual makanya selaput dara sudah robek. Lo pernah dengar dong omongan-omongan yang kayak gini?

Nah, keperawanan sendiri sering jadi bahan omongan masyarakat yang udah dibumbuin sama mitos dan “katanya”. Yuk, kita bahas lebih lanjut dan kenalan sama selaput dara.

Jadi apa sih sebenarnya selaput dara?

Ada yang menyebut selaput dara dengan hymen, ini adalah lapisan selaput yang sangat tipis dan merentang di bagian bawah vagina cewe. Tingkat ketebalan dan elastisitasnya juga berbeda-beda di setiap cewe, umumnya selaput dara punya bukaan selebar ukuran jari.

Seiring bertambahnya umur bentuk selaput dara juga berubah, nggak cuma itu ternyata elastisitasnya juga berubah. Bahkan setelah dewasa selaput dara bisa jadi lebih tebal dibanding saat remaja, Ini terjadi karena hormon juga.

Apa aja ya yang bikin selaput dara robek?
Umumnya karena penetrasi vaginal saat melakukan hubungan seksual. Tapi, nah ada tapinya nih ya, nggak selalu karena penetrasi vaginal saja, bisa juga karena aktivitas olahraga misalnya, masturbasi pakai alat bantu seks, atau tindakan medis bisa menyebabkan selaput dara robek.

Terus, hubungannya keperawanan sama selaput dara apa ya?
Selalu dan selalu selaput dara dikait-kaitkan sama keperawanan cewe, padahal nggak semua cewe mengalami perobekan saat melakukan hubungan seks pertama kalinya. Waktu pertama kali berhubungan seks bisa saja selaput dara tetap “dijaga”, dengan rileks dan lubrikasi yang baik.

Selaput dara bisa saja robek karena yang sudah disebut di atas, bahkan ada juga lho yang lahir tanpa selaput dara.

Jadi, perawan atau nggak bukan diukur dari selaput dara yang masih utuh atau robek, karena robek juga bisa disebabkan oleh hal-hal di luar hubungan seksual.

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: