Road Trip Bareng Doi, Gimana Sih Merencanakannya?


Kunyit

Berencana Squad, setelah minggu yang melelahkan penuh dengan berbagai aktivitas sekolah / kampus, ada kalanya kamu membutuhkan liburan singkat. Nggak perlu jauh-jauh banget sampai keluar biaya untuk menginap, cukup melepas penat dan ganti suasana aja. Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan melakukan road trip. Biar lebih seru, nggak ada salahnya mengajak doi! Berikut ini 6 tips road trip seru bareng doi.

  • Menetapkan tujuan serta rencana aktivitas yang jelas

    Trip yang spontan memang terdengar seru, tapi baik kamu maupun doi ujung-ujungnya akan bad mood juga kalau tau-tau nyasar, tempat rekreasinya tutup, atau lokasi yang dikunjungi ternyata nggak sesuai ekspektasi kamu atau doi. Lakukan riset bersama-sama sebelum berangkat. 
  • Menyediakan budget untuk transportasi, makan, rekreasi, dan emergency

    Siapkan rencana budget dengan matang agar kamu dan doi nggak bengong di depan tempat parkir karena kekurangan uang untuk tiket masuk taman hiburan yang dituju. Kalau kamu melakukan wisata alam dan akan menggunakan jasa pemandu, jangan lupa menyisihkan uang untuk tips. 

  • Memeriksa ramalan cuaca

    Cek dulu apakah akan ada hujan, khususnya jika kamu akan melewati daerah pegunungan yang rawan longsor. Sebaliknya, kamu juga harus mengecek ramalan cuaca jika berniat menyeberangi pulau dengan ferry/kapal. Kalau risiko bahayanya tinggi, carilah alternatif yang lebih aman.

  • Memeriksa kondisi alat transportasi apabila menggunakan kendaraan pribadi

    Cek tangki, karburator, aki, dan ban. Pastikan juga bahwa mesin dan semua lampu menyala dengan baik dan benar. Selain itu, bawalah set alat perbaikan mobil/motor. Sebaiknya kamu dan doi sama-sama tahu cara menggunakannya sehingga nggak panik jika ada masalah di perjalanan.

  • Menyusun playlist, membawa buku, atau menyiapkan permainan agar tidak bosan di perjalanan

    Baik kamu maupun doi tentunya akan kesal jika sedang mengemudi kendaraan dan setiap lima menit sekali pasanganmu bertanya, “Masih jauh, yah?”, “Berapa lama lagi, sih?” “Kok kita nggak nyampe-nyampe???”. Biar ngga bosan, siapkan musik atau buku yang kamu/doi suka. Kamu juga bisa menciptakan permainan, misalnya dengan berlomba menghitung jumlah hewan ternak yang dilewati di perjalanan. 

  • Menyediakan obat-obatan serta kotak P3K

    Kamu nggak pernah bisa memprediksi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa aja kamu atau doi terperosok ke selokan, terkena tanaman yang bikin alergi, atau bentol-bentol digigit serangga. Siapkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau sehingga bisa langsung digunakan apabila dibutuhkan. 

Begitulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengadakan road trip bareng doi, Berencana Squad! Semoga bisa membantu kamu menghabiskan akhir pekan ceria bersama doi yaa. Have fun!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: