Psst! Ini Rahasia KB Tanpa Takut Gendut dengan IUD Tembaga


Kunyit

Berencana Squad, jika kamu ingin berkontrasepsi, namun khawatir mengenai berat badan, nggak perlu susah mencari solusi, sebab kamu bisa menggunakan IUD tembaga. IUD tembaga adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim, terbuat dari kombinasi plastik dengan lilitan tembaga, berukuran kecil, dan bentuknya menyerupai huruf T. Dengan IUD tembaga, kamu bisa mencegah kehamilan hingga 10 tahun loh.

Baca juga: Tetap Bebas Beraktivitas dengan IUD, Bisa Banget!

Apa sih perbedaan IUD tembaga dengan alat kontrasepsi lainnya? Jika pil KB, suntikan KB, dan implan mengandung hormon progesteron, atau kombinasi (progesteron dan estrogen). Nah, IUD tembaga sama sekali tidak mengandung hormon. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan ion-ion tembaga yang aman bagi tubuh namun beracun bagi sperma (Hill, 2019), sehingga sperma tidak bisa menghampiri sel telur untuk melakukan pembuahan.

Baca juga: Nggak Boleh Pakai IUD Kalau Belum Pernah Punya Anak, Masa Sih?

Di kalangan awam, memakai IUD dirumorkan bisa menambah berat badan, namun hal ini tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Sejauh ini, belum ada hubungan yang jelas antara pemakaian IUD dengan kenaikan berat badan (Sissons, 2018, Medical News Today). Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap remaja usia 14-19 tahun pun justru menemukan bahwa salah satu alasan remaja memilih IUD tembaga adalah karena bisa bertahan lama dan nggak menyebabkan kenaikan berat badan (Schmidt, James, Curran, et al., 2015).

Kalaupun ada pengguna IUD yang kebetulan mengalami kenaikan berat badan, sulit dibuktikan apakah penyebabnya benar-benar IUD. Masih ada faktor-faktor lain seperti pola makan, frekuensi berolahraga, kebiasaan merokok, serta tingkat stres. Mengingat bahwa IUD bisa digunakan hingga 10 tahun, wajar saja apabila sebagian dari pengguna IUD berat badannya meningkat dalam beberapa tahun tersebut karena lemak tubuh dan massa otot juga meningkat secara alami seiring dengan pertambahan usia. Jadi, kenaikan berat badan tersebut kemungkinan besar tidak ada hubungannya dengan pemakaian IUD itu sendiri. Oleh karena itu, kamu nggak perlu takut gendut jika ingin memakai IUD tembaga.

Baca juga: Wow! IUD Tembaga Ternyata Bisa Dijadikan Kontrasepsi Darurat

Berencana Squad, begitulah sekilas penjelasan mengenai IUD tembaga dan berat badan. Jika kamu punya masalah terkait IUD, masih khawatir mengenai kenaikan berat badan, atau ingin sekadar curhat, kamu boleh berkonsultasi ke Berani Berencana melalui:
- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, curhat ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: