Pssst! Kamu Pasti Belum Tahu Fakta Ini Mengenai Ereksi!


Kunyit

Berencana Squad, kamu mungkin udah tau mengenai ereksi sebagai proses membesar atau menegangnya penis karena adanya rangsangan seksual. Rangsangan seksual membuat otot di sekitar penis jadi lebih rileks, memicu aliran darah ke penis, dan mengisi rongga yang ada di dalamnya sehingga penis terlihat membesar. Tapi, sejauh apa sih kamu tau soal ereksi? Berikut 5 fakta soal ereksi yang perlu kamu tau. 

Ereksi nggak hanya disebabkan oleh rangsangan fisik
Rangsangan fisik memang bisa menyebabkan ereksi, namun ereksi ternyata juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya psikologis, loh! Artinya, ereksi bahkan bisa muncul dari pikiran ataupun fantasi kamu sendiri. Ini semua juga bersifat subjektif. Sesuatu yang menyebabkan ereksi bagi seseorang belum tentu akan menyebabkan ereksi bagi orang lain. 

Ereksi sering terjadi saat kamu sedang tidur
Ereksi bisa aja terjadi tanpa kamu sadari. Laki-laki pada umumnya mengalami 3-5 kali ereksi ketika tidur di malam hari. Setiap kalinya, ereksi bisa bertahan selama sekitar setengah jam. 

Ukuran, arah, dan kemiringan penis saat ereksi bervariasi
Penis yang berukuran lebih kecil bisa saja mengalami pembesaran yang lebih signifikan dibanding penis yang berukuran besar. Akan tetapi, hal ini nggak selalu mutlak, karena sebenarnya nggak ada hubungan antara ukuran awal penis sebelum ereksi dengan pembesaran yang terjadi saat ereksi. Arah dan kemiringan penis ketika sedang ereksi juga bisa berbeda-beda. Penis bisa saja menghadap lurus ke depan, ke atas, ke bawah, ke kiri, ataupun ke kanan. Kamu nggak perlu khawatir karena ini adalah sesuatu yang normal.

Pola hidup serta makanan sehari-hari bisa memengaruhi ereksi
Kurang berolahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, serta kebiasaan makan makanan manis yang berlebihan bisa membuat tubuhmu kesulitan mencapai ereksi. Ini bisa terjadi karena lemahnya jantung, tersumbatnya aliran darah ke penis akibat lemak tubuh, serta menurunnya level hormon testosteron. Hal ini bisa dicegah dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Cedera saat ereksi bisa menyebabkan ‘patah’-nya penis
Sebenarnya nggak ada tulang di dalam penis. Tapi, ibaratnya tabung berisi air yang bisa rusak kalau pipa mendadak terbentur sesuatu hingga bengkok, penis yang berisi pembuluh darah dan sedang dalam keadaan tegang juga bisa ‘rusak’ apabila tertekuk secara tiba-tiba. 

Selain lima fakta tadi, tentunya masih banyak lagi informasi menarik mengenai ereksi yang masih perlu kamu tau. Jika kamu punya pertanyaan, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter atau pakar di bidang kesehatan reproduksi. Mau curhat di line @BeraniBerencana juga boleh lho. #TakeCTRL kesehatan organ reproduksimu dengan senantiasa update pengetahuanmu ya!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: