Pil KB bisa Atasi Dysmenorrhea, Ini Alasannya!


Kunyit

Berencana Squad, kalau kamu sering merasakan nyeri saat menstruasi, kamu nggak sendirian. Dysmenorrhea atau nyeri menstruasi adalah kondisi yang cukup umum. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 240 remaja perempuan di Jakarta (Juniar, 2015), terdapat 87,5% subjek remaja yang mengalami dysmenorrhea. Keluhan mereka beragam. Sekitar 20,48% di antaranya mengeluhkan nyeri ringan, 64,76% nyeri dalam skala sedang, dan 14,76% menyatakan merasakan sensasi nyeri yang luar biasa. Sebagian besar dari mereka biasanya mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Hanya sekitar 5,6% yang berkonsultasi dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan khusus. 

Nah, bagi kamu yang pernah berkonsultasi ke dokter, kamu mungkin sudah tahu bahwa dokter sering menyarankan penggunaan pil KB untuk mengurangi rasa sakit yang muncul saat menstruasi (Ryan, 2016; Smith & Kaunitz, 2019; Damm, Lamvu, et al., 2019). Kira-kira, alasannya kenapa ya? Bukannya pil KB fungsinya hanya sebagai alat kontrasepsi? Berikut pembahasannya.

Apa sih yang menyebabkan dysmenorrhea?

Dysmenorrhea terjadi karena cairan prostaglandin yang melapisi dinding rahim memicu otot dinding rahim untuk berkontraksi, yang menyebabkan rasa sakit serta berkurangnya aliran darah dan oksigen ke rahim (Smith & Kaunitz, 2019). Selain itu, prostaglandin juga bisa memicu mual serta diare. 

Bagaimana pil KB mengatasi dysmenorrhea?

Pil KB yang biasa digunakan untuk mengatasi dysmenorrhea adalah pil KB kombinasi, yaitu pil KB yang mengandung gabungan hormon estrogen dan progesteron. Pil KB kombinasi mengatasi dysmenorrhea dengan mengubah ketebalan lapisan prostaglandin pada dinding rahim, sehingga mengurangi kontraksi otot, nyeri, dan keram (Smith & Kaunitz, 2019). Biasanya, pil ini dikonsumsi sebanyak 1 butir per hari, pada jam yang sama. Setelah habis, kalau mau dilanjutkan, pil KB kombinasi boleh dikonsumsi lagi.

Lalu, gimana sih cara mendapatkan pil KB?

Pil KB dijual di berbagai apotek, namun sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar kamu tahu cocok-tidaknya pil tersebut untuk kamu. Selain itu, konsultasi ini sangat bermanfaat karena dokter juga bisa memberikan sejumlah strategi lain yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi dysmenorrhea di samping pil KB itu sendiri.

Berencana Squad, sekarang kamu sudah paham kan manfaat pil KB dalam mengatasi dysmenorrhea? Kalau kamu masih memiliki pertanyaan, jangan malu-malu untuk curhat di LIVE chat Berani Berencana. Yuk, #TakeCTRL kesehatan reproduksi kamu!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: