Pasang Implan, Cuma Beberapa Menit Lho !


Kunyit

Berencana Squad, siapa yang sudah pernah mendengar jenis kontrasepsi ini? Implan atau biasa dipanggil dengan ‘susuk’ ini cukup populer digunakan karena masa perlindungan yang cukup lama yaitu hingga 3 tahun. Implan bekerja dengan melepaskan hormon progesteron yang mencegah terjadinya ovulasi serta mengentalkan lendir leher rahim untuk mempersulit masuknya sperma dan bertemu dengan sel telur. 

Implan dipasang di bawah kulit pada lengan atas bagian dalam oleh tenaga medis profesional yang sudah terlatih, seperti dokter atau bidan. Pemasangannya sama sekali nggak memakan waktu lama, hanya beberapa menit saja lho.

Berikut langkah-langkah pemasangan implan:

  • Datang mendaftar ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit.
  • Penjelasan prosedur pemasangan implan secara umum. Dokter atau bidan biasanya juga akan menanyakan sedikit mengenai riwayat medis kamu dahulu, untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan kamu benar cocok menggunakan implan, mengetahui apakah kamu sedang menggunakan obat-obatan yang bisa menurunkan efektivitas, serta untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap anestesi. Pada tahap ini, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan agar mendapat gambaran lebih jelas mengenai proses yang akan dilalui.
  • Persiapan pemasangan implan. Area yang akan dipasangi implan di bagian atas lengan akan dicuci dengan sabun, dikeringkan, dibersihkan dengan menggunakan cairan antiseptik, lalu diberikan penutup steril.
  • Penyuntikan cairan anastesi (bius lokal) sehingga pemasangan implan akan terasa nyaman. Efek bius akan dites terlebih dahulu sebelum langkah selanjutnya dilakukan.
  • Pemasangan implan dalam keadaan berbaring agar nyaman.

Kira-kira begitulah langkah-langkah pemasangan implan. Jangan lupa untuk kontrol rutin nantinya setelah mulai penggunaan, dimulai dari 7 hari setelah pemasangan hingga minimal satu tahun sekali atau jika ada keluhan. Berencana Squad, dengan memahami hal ini, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan target kamu untuk mengatur masa depan yang produktif. Kalau masih bingung, kamu juga bisa menghubungi @BeraniBerencana untuk mengajukan pertanyaan ya.

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: