Nyeri Saat Pipis, Bisa Jadi Tanda Infeksi Parasit Trikomoniasis


Kunyit

Berencana Squad, tahukah kamu? Menurut data yang dirilis di situs resmi WHO pada tahun 2019, trikomoniasis adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) dengan prevalensi tertinggi. Laporan tersebut menemukan sebanyak 156 juta kasus trikomoniasis baru, disusul dengan 127 kasus klamidia, 87 juta gonnorhoea, dan 6,3 juta sifilis. Semuanya menyerang laki-laki dan perempuan usia produktif, yakni 15-49 tahun

Baca juga: Si “Chlamydia”, Infeksi Menular Seksual yang Paling Umum!

Melihat maraknya infeksi trikomoniasis akhir-akhir ini, ada baiknya kamu belajar sedikit mengenai garis besarnya. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan strategi untuk mencegah penyebaran IMS yang satu ini. Yuk, kita bahas!

Apa itu trikomoniasis?

Trikomoniasis adalah IMS yang disebabkan oleh infeksi protozoa trichomonas vaginalis (Harp & Chowdhury, 2011). Infeksi ini menyerang organ reproduksi, khususnya saluran kencing (uretra), vagina, penis, dan kelenjar prostat (nhs.uk). Trikomoniasis menular melalui hubungan seks tanpa kondom atau bisa juga dari berbagi sex toys dengan orang yang sudah terinfeksi. Trikomoniasis tidak bisa menular melalui ciuman, pelukan, sharing alat-alat makan, ataupun berbagi toilet. Oleh karena itu, jika temanmu terkena trikomoniasis, jangan langsung paranoid dan menjauhi teman kamu, ya!

Gejala trikomoniasis lebih sering tampak pada perempuan, sedangkan pada laki-laki seringkali gejalanya tidak terlihat sehingga lebih banyak kasus trikomoniasis perempuan yang dilaporkan ke rumah sakit. Akan tetapi, pada faktanya, baik laki-laki maupun perempuan yang aktif secara seksual memiliki kesempatan yang sama untuk terinfeksi trikomoniasis.

Seperti apa gejalanya?

Sebagaimana dilansir oleh Center of Disease Control & Prevention (CDC), hanya 30?ri orang-orang yang terinfeksi trikomoniasis menunjukkan gejala. Sisanya sebanyak 70% terlihat sehat (cdc.gov). Dalam kasus-kasus di mana trikomoniasis menimbulkan gejala, berikut tanda-tanda yang sering muncul seminggu hingga sebulan pascainfeksi.

Pada laki-laki:

• Timbulnya rasa gatal dan / atau nyeri pada bagian dalam penis

• Adanya rasa perih setelah buang air kecil dan ejakulasi

• Keluarnya cairan lain dari penis

Pada perempuan:

• Munculnya rasa gatal, perih, dan / atau ruam-ruam merah di sekitar vulva (bagian luar vagina)

• Adanya rasa tidak nyaman saat buang air kecil

• Berubahnya cairan vagina, misalnya jadi semakin sedikit atau bertambah banyak. Warnanya bisa bening, putih, kekuningan, atau kehijau-hijauan dengan bau tidak sedap.

Baik pada laki-laki maupun perempuan, gejala-gejala trikomoniasis bisa saja muncul dan hilang tiba-tiba. Jika gejalanya sedang muncul. trikomoniasis dapat mengganggu kualitas hubungan seks karena rasa sakit serta muncul bau tidak sedap.

Bagaimana pencegahannya?

Trikomoniasis bisa dicegah dengan menggunakan kondom secara tepat dan konsisten.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Kondom agar Tetap Baik Kualitasnya

Jika sepertinya sudah terkena trikomoniasis, apakah bisa diatasi?

Trikomoniasis dapat diatasi dengan mudah apabila dideteksi dan diberikan penanganan sejak dini. Oleh karena itu, jika kamu mencurigai adanya gejala, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik yang harus dikonsumsi hingga habis serta meminta kamu untuk tidak melakukan aktivitas seksual dulu selama infeksi masih ada. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan serta agar kamu tidak terinfeksi ulang (nhs.uk). Jika sudah terlanjur berhubungan, pasangan juga harus dibawa ke dokter untuk diperiksa dan diobati.

Baca juga: Cari Tahu Cara Cek Infeksi Menular Seksual (IMS), Gimana Sih?

Berencana Squad, demikianlah info singkat mengenai trikomoniasis. Mudah-mudahan kamu jadi lebih paham mengenai gejala, pencegahan, dan penanganannya, ya!

Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya atau curhat ke Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512

- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a

- Webchat: available di situs Berani Berencana

Privasi dan kerahasiaan kamu terjamin, kok. Yuk, bersama-sama menjaga kesehatan reproduksi!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: