Nggak Boleh Pakai IUD Kalau Belum Punya Anak, Masa Sih?


Kunyit

IUD, KB spiral, atau dikenal juga sebagai Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) adalah alat pencegah kehamilan yang terbuat dari plastik, berukuran kecil, dan bentuknya menyerupai huruf T. Nah, Berencana Squad, IUD ini banyak banget peminatnya, loh! Dengan efektivitas hingga 99%, IUD menempati urutan kedua pilihan kontrasepsi paling populer (10,61%) setelah implan (11,20%) di kalangan perempuan pengguna metode kontrasepsi jangka panjang (Rahayu, 2018).

Sayangnya, masih ada stigma negatif yang membuat sejumlah perempuan Indonesia takut menggunakan IUD (Astuti, Ambarwati, & Darnoto, 2012). Kok bisa takut ya? Berikut asumsi yang sangat sering muncul: kalau belum punya anak, nggak boleh pakai IUD. Masa iya, sih? Biar kamu nggak salah persepsi, kita bahas ya…

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Rahayu (2018), 70?ri perempuan yang memilih untuk tidak menggunakan IUD beralasan bahwa: memakai IUD berbahaya karena harus memasukkan benda asing ke dalam rahim melalui jalan lahir. Adanya pemikiran ini sebenarnya lumrah karena berbeda dengan masyarakat barat yang sudah familiar dengan penggunaan tampon serta menstrual cup yang harus dimasukkan ke dalam vagina, masyarakat Indonesia masih belum terbiasa dengan konsep ini. Padahal, penggunaan IUD aman-aman saja, kok. Berikut alasannya:

• IUD terbuat dari bahan plastik dan tembaga yang ramah terhadap tubuh manusia, dan aman bagi kesehatan

• IUD dimasukkan ke dalam rahim, dalam keadaan steril

• Pemasangan IUD dilakukan oleh tenaga medis profesional seperti dokter atau bidan yang sudah terlatih 

Apakah memakai IUD berbahaya kalau belum pernah melahirkan?

Tidak. IUD tetap bisa kamu gunakan dengan aman meskipun kamu belum pernah melahirkan. Kamu nggak harus punya rahim berukuran besar untuk bisa menggunakan IUD, karena saat ini juga terdapat IUD sleek yaitu IUD yang cocok bagi perempuan yang memiliki rahim pendek. Ukuran IUD sangat mungil sehingga mudah dimasukkan. Kamu tidak perlu mencemaskan ukuran IUD sebab dokter atau bidan akan mengecek ukuran dan posisi uterus beserta kedalaman leher rahim (serviks) kamu terlebih dahulu (webmd.com).

Apakah proses memasukkan IUD akan terasa sakit jika belum pernah berhubungan seks?

IUD dimasukkan melalui celah yang sama di mana darah menstruasi keluar setiap bulannya. Jadi, kamu nggak perlu cemas, pemasangan IUD sama sekali nggak membutuhkan operasi, pembuatan irisan oleh dokter, ataupun pembuatan lubang khusus. Dalam penelitian kualitatif yang dilakukan oleh Schmidt, James, Currant, et al. (2015), partisipan yang diwawancara mengaku tidak merasa sakit meskipun belum pernah berhubungan seks sebelum pemasangan IUD. Hal yang sama dilaporkan perempuan yang mempublikasikan pengalaman mereka di sejumlah media populer (Bailey, dalam Elle, 2018).

Pada umumnya, pemasangan IUD tidak menimbulkan rasa sakit. Yang penting, pemasangan dilakukan dalam keadaan rileks. Kemungkinan hanya akan ada sedikit rasa keram. Itu pun hanya berlangsung selama beberapa saat. Soalnya, pemasangan IUD hanya memakan waktu 5 menit. Kalau kamu masih merasa gelisah, kamu juga boleh meminta dokter memberikan bius lokal atau meminum ibuprofen terlebih dahulu (webmd.com). Namun, langkah ini sebenarnya tidak diperlukan karena pemasangan IUD biasanya tidak sakit.

Apa sih kelebihan penggunaan IUD?

• Efektif sebagai alat pencegah kehamilan

• Praktis, tidak membutuhkan reminder seperti pil KB

• Tidak perlu diganti selama 3-10 tahun (tergantung jenis IUD)

• Tidak mengganggu hubungan seks

• IUD jenis tertentu bisa mengurangi keram / nyeri menstruasi

Baca juga: Tetap Bebas Beraktivitas dengan IUD, Bisa Banget!

Berencana Squad, itulah tadi pembahasan singkat mengenai IUD. Intinya kamu tidak perlu cemas kalau mempertimbangkan untuk menggunakan IUD sebelum punya anak. Akan tetapi, jika kamu masih ragu, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Kamu juga bisa melontarkan pertanyaan pada kami melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512

- Line Chat: @beraniberencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana.

Yuk, perdalam pemahaman kamu mengenai IUD!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: