Mimpi Basah Juga Bisa dialami Perempuan, Masa Iya?


Kunyit

Berencana Squad, kamu mungkin udah sering mendengar mengenai mimpi basah sebagai salah satu tanda pubertas pada laki-laki. Tapi kamu tau nggak sih kalau ternyata perempuan juga bisa mimpi basah? Yuk, kita bahas!
Untuk kamu yang belum mengetahui mengenai mimpi basah, mimpi basah adalah terjadinya ejakulasi pada penis laki-laki atau basahnya vagina perempuan dalam keadaan sedang tidur, biasanya dipicu oleh mimpi yang bersifat erotis. Penyebabnya adalah kombinasi dari meningkatnya hormon serta peningkatan aliran darah ke organ seks akibat siklus tidur yang disebut dengan REM (rapid eye movement). Fase REM biasanya terjadi setelah 60-90 menit tertidur.

Mimpi basah paling sering dialami remaja, namun kamu juga tetap bisa merasakan mimpi basah setelah melewati masa pubertas. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama bisa mengalami mimpi basah. Berikut penjabarannya.

• Pada laki-laki, orgasme ini ditandai dengan keluarnya sperma dari penis. Laki-laki bisa saja terus melanjutkan tidur atau terbangun tiba-tiba saat sedang mengalami mimpi basah.

• Pada perempuan, mimpi basah ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina. Akan tetapi, cairan yang keluar tidak sebanyak sperma. Cairan tersebut juga dapat muncul tanpa adanya orgasme.

• Mimpi basah itu normal dan bukan gangguan. Bahkan, terdapat sejumlah penelitian yang menyimpulkan bahwa remaja yang melakukan abstinence atau menunda hubungan seks sebelum masanya justru lebih sering mengalami mimpi basah. Jadi, kamu nggak perlu panik atau malu kalau hal ini terjadi pada kamu. Sebaliknya, tidak mengalami mimpi basah juga merupakan hal yang normal, bukan berarti kamu memiliki masalah dengan organ seksualmu.

• Nggak semua orang bisa mengingat dengan rinci seperti apa persisnya mimpi yang mereka alami. Hal ini juga wajar.

• Konten mimpi basah bisa menggambarkan siapapun dan apapun dalam kondisi erotis. Terkadang konten mimpi tersebut bisa terkesanmenyimpang jika terjadi di dunia nyata. Kamu nggak perlu takut atau merasa bersalah, seaneh apapun mimpimu, bukan berarti kamu menyimpang secara seksual.

Apa yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami mimpi basah? Gantilah pakaian dalam yang kotor, kemudian bersihkan vagina atau penis dengan air bersih. Sesimpel itu? Iya! Jadi, Berencana Squad, nggak perlu panik lagi jika kamu mengalami mimpi basah, ya!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: