Mengejutkan! Pil KB Bikin Perempuan Lebih Tertarik dengan Laki-laki yang Bertanggung jawab


Kunyit

Berencana Squad, did you know? Dari sekian banyaknya faktor yang bisa bikin kamu naksir sama seseorang, pil KB ternyata juga bisa memberikan pengaruh loh! Tapi jangan khawatir, soalnya efeknya baik kok. Berikut pembahasannya.
Pil KB ialah salah satu kontrasepsi hormonal. Artinya, di dalam pil KB terkandung hormon-hormon seperti progesteron dan estrogen. Tujuan adanya hormon-hormon tersebut adalah untuk mencegah pelepasan sel telur, menipiskan lapisan dinding rahim, serta mempersulit sperma untuk bisa bertemu sel telur agar tidak terjadi kehamilan (Dweck & Westen, 2017).

Baca juga: Kenapa Sih Pil KB Harus Diminum Setiap Hari?

Estrogen dan progesteron sebenarnya sudah ada di dalam tubuh, serta punya tugasnya sendiri dalam siklus menstruasi perempuan. Estrogen bersikap seperti ‘mak comblang’. Tugasnya adalah meningkatkan hasrat seksual (libido) dalam tubuh serta menjadikan perempuan lebih percaya diri. Saat kadar estrogen sedang tinggi-tingginya, perempuan semakin terlihat subur dan menarik bagi calon pasangannya. Estrogen mencapai level tertinggi ketika tubuh perempuan mengeluarkan sel telur. Setelah sel telur dilepas, tubuh otomatis mempersiapkan diri untuk menghadapi kehamilan. Nah, di tahap ini, hormon yang kadarnya paling besar adalah progesteron. Ibaratnya orangtua yang protektif, progesteron membuat perempuan lebih kritis, fokus, dan sensitif. Tujuannya adalah untuk melindungi calon bayi apabila terjadi kehamilan. Nah, kehamilan hanya bisa terjadi jika ada pembuahan sel telur oleh sperma. Kalau nggak ada pembuahan terjadilah menstruasi (Hill, 2019). Kemudian, siklus ini berulang lagi.

Baca juga: Menstruasi Nggak Teratur, Bahaya Nggak Ya?

Ketika perempuan mengonsumsi pil KB, kadar hormon di dalam tubuh berubah. Saat progesteron meningkat, perempuan jadi lebih kritis dalam memilih pasangan. Alih-alih memilih berdasarkan tampang, selera humor, atau kecocokan seksual saja, perempuan jadi lebih mencari orang yang bertanggung jawab, mudah diajak bekerja sama, serta ideal untuk diajak mengasuh anak bersama di masa depan (Psychology Today, 2019).

Bukan berarti keputusan untuk memilih pasangan bergantung sepenuhnya pada hormon. Selain faktor hormon tentunya masih ada banyak hal lain yang berperan, seperti kecocokan dengan doi, dukungan yang diperoleh, pengalaman yang sudah dilalui bersama, dan faktor-faktor lainnya. Meskipun begitu, mengetahui manfaat dari pil KB hormonal ini tentunya bisa berguna bagi kamu.

Berencana Squad, itulah penjelasan singkat mengapa pil KB bisa membuat perempuan lebih tertarik dengan laki-laki yang bertanggung jawab. Kalau kamu masih bingung mengenai pil KB atau ingin curhat tentang si dia yang lagi bikin kamu naksir, kamu boleh banget loh menghubungi Berani Berencana! Caranya, bisa melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu ceritakan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, curhat ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: