Mengatasi Anemia dengan Pil KB, Gimana Ya Caranya?


Kunyit

Berencana Squad, did you know? Perempuan ternyata lebih rentan terkena anemia akibat kekurangan zat besi (iron-deficiency anemia) ketika menstruasi (Peuranpää et al., 2014). Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah yang sehat di dalam tubuh terlalu rendah. Sel darah merah berfungsi mengikat oksigen, sehingga kekurangan sel darah merah juga berarti bahwa kadar oksigen di dalam darah tidak cukup (Lights & Wu, 2018, Healthline.com). Kondisi ini menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

• Wajah pucat
• Kepala terasa pusing
• Kesulitan konsentrasi atau fokus
• Selera makan yang tidak wajar
• Mudah lelah
• Konstipasi atau kesulitan buang air besar

Baca juga: Manjur! Solusi Praktis Menaklukkan Menstruasi

Anemia akibat kekurangan zat besi tidak hanya bisa memengaruhi kondisi fisik perempuan, namun juga kemampuan berpikir secara kognitif, produktivitas, dan kualitas hidup (Friedman et al, 2012). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia saat menstruasi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi pil KB.

Baca juga: Cuti Saat Haid, Ini Syarat-syaratnya!

Meskipun pil KB biasanya digunakan sebagai metode kontrasepsi, pil KB bisa membantu mengatasi menstruasi yang berlebihan serta mencegah kekurangan zat besi (Cooke et al., 2017). Akan tetapi, tidak semua jenis pil KB dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat ini. Pil KB yang sebaiknya dikonsumsi adalah pil KB kombinasi yang mengandung hormon progesteron, estrogen, dan zat besi.

Baca juga: Wajib Paham tentang Menstruasi, Ternyata Begini Loh!

Pil KB biasanya dijual sebanyak 28 butir per kemasan. Setiap butir harus diminum secara konsisten dan disiplin setiap hari pada jam yang sama. Dari 28 butir tablet pil KB, terdapat 7 butir yang berisi suplemen zat besi. Suplemen inilah yang bisa membantu kamu mencegah ataupun mengatasi anemia. Ketujuh butir pil ini biasanya harus diminum selama masa menstruasi. Jika kamu sudah mengonsumsi pil KB dengan suplemen zat besi namun gejala anemia masih juga muncul, jangan mengabaikan gejala tersebut. Kamu sebaiknya berkonsultasi pada dokter, agar dokter bisa memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Berencana Squad, begitulah sekilas informasi mengenai anemia akibat kekurangan zat besi serta strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya dengan memanfaatkan pil KB. Mudah-mudahan dengan dibekali pengetahuan ini, kamu semakin mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat menstruasi, ya! Kalau masih ada hal-hal yang belum kamu pahami atau mungkin kamu ingin bertanya mengenai cara mengonsumsi pil KB, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Tidak perlu khawatir dalam menyampaikan curhatanmu, sebab semua hal yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: