Mencegah Kista Dengan Kontrasepsi Hormonal, Begini Caranya!


Kunyit

Berencana Squad, pernah dengar tentang kista rahim atau ovarium? Kista ovarium adalah kantung-kantung kecil berisi cairan yang berkembang di dalam indung telur. Sebagian besar kista ovarium tidak berbahaya, namun terkadang bisa menjadi masalah dan menimbulkan rasa sakit apabila pecah atau berkembang hingga terlalu besar (Dweck & Westen, 2017).

Kok bisa sih terbentuk kista dalam ovarium? Di dalam ovarium, ada yang disebut dengan folikel. Agar kamu mudah membayangkannya, anggap saja bahwa folikel menyerupai sebuah cangkang. ‘Cangkang’ tersebut merupakan tempat tumbuh besarnya sel telur. Jika sel telur sudah matang, folikel pecah dan mengeluarkan sel telur. Inilah proses yang disebut dengan ovulasi. Akan tetapi, terkadang folikel tidak pecah, sehingga cairan di dalamnya tertahan. Hal ini menyebabkan terbentuknya kista. Beberapa perempuan mengalami polycystic ovarian syndrome (PCOS). PCOS terjadi apabila terdapat banyak kista di dalam ovarium, sehingga ovarium membesar. Apabila tidak segera ditangani, PCOS bisa menyebabkan kemandulan.

Baca juga: Macam-macam Tes Kesuburan, Ada Apa Aja Ya?

Perut kembung, nyeri di sekitar payudara, pinggul, punggung, dan paha, mual-mual, serta rasa sakit saat berhubungan seks merupakan gejala kista ovarium (Higuera, 2015, Healthline). Adanya kista ovarium bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu kekurangan hormon progesteron (Hill, 2019). Oleh karena itu, salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kista ovarium adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal, misalnya pil KB, suntik KB, implan, atau IUD hormonal . Soalnya, KB hormonal mengandung progesteron dan estrogen. Dengan KB hormonal, keseimbangan hormon di dalam tubuh kamu bisa lebih terjaga, sehingga menurunkan kemungkinan munculnya kista ovarium. Selain mencegah, kontrasepsi hormonal juga bisa membantu mengatasi kista ovarium, lho! Sebagai contoh, pil KB kombinasi yang mengandung estradiol (estrogen) dan levonorgestrel (progesteron) terbukti bisa membuat kista ovarium cepat mengecil, hingga akhirnya hilang dari indung telur (Ismael, Mohamed, et al., 2020). Jadi, kontrasepsi hormonal juga memiliki manfaat dari segi kesehatan di samping fungsi utamanya untuk mencegah kehamilan.

Baca juga: Mengatasi Anemia dengan Pil KB, Gimana Ya Caranya?

Berencana Squad, begitulah sekilas penjelasan mengenai kista ovarium dan kegunaan kontrasepsi hormonal sebagai salah satu strategi pencegahannya. Kalau kamu ingin memeriksakan diri, ada-tidaknya kista bisa diperiksa dengan bantuan teknologi CT-scan, ultrasound, atau MRI (Higuera, 2015, Healthline). Apabila memang tidak ada kista, kamu bisa lebih tenang. Kalaupun ada, kista tersebut bisa segera ditangani.
Jika ada yang belum jelas, kamu boleh bertanya, curhat, atau konsultasi ke Berani Berencana melalui:
- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, curhat ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply

, 2020-05-01 09:11:36.688202

Cool website! My name’s Eric, and I just found your site - beraniberencana.com - while surfing the net. You showed up at the top of the search results, so I checked you out. Looks like what you’re doing is pretty cool. But if you don’t mind me asking – after someone like me stumbles across beraniberencana.com, what usually happens? Is your site generating leads for your business? I’m guessing some, but I also bet you’d like more… studies show that 7 out 10 who land on a site wind

Reply

TEST

bughunt-borneo.o , 2020-05-26 19:03:40.204595

TEST

bughunt-borneo.org



Reply





Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: