Manjur! Solusi Praktis ‘Menaklukkan’ Menstruasi


Kunyit

Berencana Squad, kamu mungkin pernah mengalami momen-momen awkward yang disebabkan oleh menstruasi. Entah itu karena kebetulan kamu sedang memakai celana putih dan tau-tau ‘tembus’, memakai pembalut secara terbalik, atau mungkin panik saat pertama kali menstruasi. Beberapa contoh cerita ini mengingatkan kita kalau ternyata ngobrolin soal menstruasi secara terbuka itu penting banget agar kamu tau apa yang perlu dipersiapkan saat menstruasi dan nggak bakal malu atau panik. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa poin penting yang bisa membantu kamu memahami dan ‘menaklukkan’ menstruasi. 

Menstruasi itu apa sih?
Menstruasi adalah proses alami yang terjadi pada perempuan akibat tidak terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Setiap bulannya, rahim memproduksi sel telur, sebuah proses yang disebut dengan ovulasi. Selain itu, rahim juga menebalkan dinding untuk mempersiapkan kehamilan. Nah, ketika sel telur nggak dibuahi oleh sperma, lapisan dinding rahim luruh dan keluar melalui vagina sebagai darah menstruasi. Pada umumnya, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Tetapi, perempuan bisa saja memiliki siklus menstruasi yang berbeda, yaitu sekitar 21-35 hari.

Apa saja perlengkapan yang bisa digunakan untuk menghadapi menstruasi?
Di Indonesia sebagian besar perempuan menggunakan pembalut saat menstruasi. Akan tetapi, ini nggak cuma satu-satunya pilihan yang ada. Kalau kamu merasa kurang nyaman memakai pembalut atau alergi terhadap bahannya, kamu bisa menggunakan tampon atau menstrual cup sebagai alternatif lain. Jika pembalut digunakan dengan dipasang di pakaian dalam, tampon dan menstrual cup biasanya dimasukkan ke dalam vagina. Seperti pembalut, tampon juga bekerja dengan cara menyerap darah. Sebaliknya, menstrual cup bekerja dengan menampung darah dalam sebuah cangkir fleksibel yang biasanya terbuat dari silikon. Masing-masing alternatif memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gimana sih cara menjaga kesehatan organ reproduksi saat menstruasi?
• Mengganti pembalut secara rutin, 4-6 kali sehari.

• Membersihkan vagina dari depan ke belakang.

• Menggunakan air bersih untuk membersihkan vagina, serta sabun pembersih khusus dari bahan yang aman jika diperlukan.

• Menggunakan celana dalam berbahan katun yang nyaman serta nggak terlalu ketat.

• Mengganti celana dalam secara rutin minimal 2 kali sehari.

• Menjaga vagina agar tetap kering.

Nah, Berencana Squad… kira-kira begitulah strategi yang bisa kamu lakukan untuk sukses ‘menaklukkan’ menstruasi! Jangan lupa untuk senantiasa makan makanan bergizi, banyak minum air putih, beristirahat secara teratur, serta berkonsultasi ke dokter kalau kamu mengalami nyeri menstruasi yang berlebihan. Kamu juga bisa tanya-tanya ke @BeraniBerencana lho.

<iframe width="420" height="315"
src="https://www.youtube.com/embed/tgbNymZ7vqY"
>

</iframe>

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: