Macam-macam Tes Kesuburan, Ada Apa Aja Ya?


Kunyit

Berencana Squad, baik perempuan maupun laki-laki punya kemungkinan yang sama untuk memiliki masalah kesuburan. Oleh karena itu, tes kesuburan (fertility test) merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Ternyata tes kesuburan ada banyak sekali macamnya, lho! Yuk, kita eksplor beberapa di antaranya!

Tes kesuburan untuk laki-laki:

• Tes sperma

Tes sperma dilakukan untuk mencari tahu jumlah, bentuk, pergerakan, dan karakteristik lain dari sperma yang dihasilkan (WebMD, 2019). Hasil tes tidak selalu mutlak, sebab terdapat banyak faktor yang memengaruhi kesuburan. Oleh karena itu, tes ini biasanya perlu dikombinasikan dengan tes lain.

Baca juga: Rokok Bisa Bikin Kamu Mandul, Bener Nggak Sih? 

• Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik pada organ reproduksi laki-laki bertujuan untuk memeriksa abnormalitas dan benjolan yang mungkin mengindikasikan masalah kesehatan tertentu (Seladi-Schulman, 2019; Healthline).

• Tes Infeksi Menular Seksual (IMS)

Meskipun terkadang gejalanya tidak terlihat, adanya IMS seperti klamidia bisa mengganggu kesuburan. Oleh karena itu, perlu dilakukan tes IMS.

Baca juga: Si “Chlamydia, Infeksi Menular Seksual yang Paling Umum

Tes kesuburan untuk perempuan:

• Tes darah

Salah satu faktor yang bisa memengaruhi kesuburan perempuan adalah kegagalan ovulasi atau produksi sel telur. Dalam proses produksi sel telur, ada sejumlah hormon yang terlibat. Tes darah dilakukan untuk memeriksa kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Waktu dilaksanakannya tes ini biasanya disesuaikan dengan siklus menstruasi (nhs.uk, 2017).

• Tes urin

Selain tes darah, dokter terkadang juga akan menyarankan tes urin untuk mengetahui kadar luteinizing hormone (LH), yang seharusnya meningkat menjelang ovulasi (WebMD, 2019)

• Hysterosalpingogram (HSG) / tubogram

HSG adalah sejenis X-ray yang digunakan untuk memeriksa tuba falopi dan uterus (Seladi-Schulman, 2019; Healthline). Agar terjadi kehamilan, perlu ada pertemuan sel telur dan sperma di tuba falopi. Setelah pembuahan oleh sperma, sel telur menempel di dinding uterus dan berkembang menjadi calon bayi. Inilah mengapa tuba falopi dan uterus juga diperiksa.

• Pap smear

Dengan pap smear, tenaga medis profesional memeriksa sampel sel serviks untuk mengetahui apakah terdapat abnormalitas, IMS, atau sel-sel kanker. Ketiga faktor ini dapat menurunkan kesuburan dan berpotensi menjadi fatal apabila tidak dideteksi dan ditangani sejak dini (WebMD, 2019).

Baca juga: Apa Maksud dari Pap Smear?

• Ultrasound

Ultrasound digunakan untuk memonitor kondisi uterus dan ovarium (Seladi-Schulman, 2019; Healthline). Caranya, tongkat ultrasound didekatkan ke bagian pinggul / pelvic. Alat ultrasound kemudian menerjemahkan gelombang suara menjadi gambar di monitor.

• Laparoscopy

Lapasroscopy dilakukan dengan memasukkan kamera kecil ke dalam tubuh. Tujuannya untuk mendeteksi adanya masalah pada organ reproduksi, seperti endometriosis (WebMD, 2019).

• Tes Infeksi Menular Seksual (IMS)

Seperti pada laki-laki, perempuan juga beresiko terkena IMS, khususnya klamidia yang bisa memengaruhi tingkat kesuburan.

Baca juga: Cari Tahu Cara Cek Infeksi Menular Seksual (IMS), Gimana Sih?

Selain tes-tes di atas, dokter biasanya juga akan bertanya mengenai faktor-faktor lain yang juga bisa memengaruhi kesuburan kamu, antara lain (WebMD, 2019):

• Riwayat kesehatan

• Frekuensi berhubungan seks, jumlah pasangan, masalah saat berhubungan seks

• Siklus menstruasi, riwayat penggunaan kontrasepsi, riwayat IMS, dan kehamilan

• Obat-obatan yang sedang digunakan

• Kebiasaan merokok dan minum alkohol

• Konsumsi makanan dan minuman berkafein

• Kebiasaan olahraga

• Eksposur terhadap zat kimia dan radiasi

Berencana Squad, itulah tadi tes-tes yang bisa dilakukan untuk mencari tahu kesuburanmu. Jika kamu masih bingung atau ingin curhat, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512

- Line Chat: http://line.me/ti/p/~@beraniberencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana

 

Semua informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya kok. Yuk, curhat dengan Berani Berencana! ????

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: