Kenapa Sih Pil KB Harus Diminum Setiap Hari?


Kunyit

Buat para cewek yang ingin menunda kehamilan atau belum ingin hamil maka diperlukan alat kontrasepsi. Ada banyak jenis dari kontrasepsi yang bisa digunakan dan tentunya dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing, salah satu jenis kontrasepsi adalah pil KB. Untuk yang satu ini berbeda dengan yang lain karena harus diminum secara teratur tanpa terlewat. Kenapa sih?

 

Pil KB
Ada dua macam pil KB berdasarkan kandungan hormonnya. Ada pil KB yang hanya mengandung progestin, ada juga yang kombinasi atau mengandung hormon estrogen dan progestron.

Seperti metode kontrasepsi hormonal lainnya, pil KB bekerja dengan cara mencegah ovulasi. Apa itu ovulasi? Ini adalah proses pelepasan sel telur selama siklus bulanan, jadi cewek nggak akan hamil kalau nggak berovulasi, karena tidak ada sel telur yang bisa dibuahi sperma.

Selain itu, pil KB juga mengatur keseimbangan hormone estrogen dan progestron yang memainkan peranan penting dalam kehamilan serta berfungsi menebalkan lendir dan sekitar serviks untuk mempersulit sperma memasuki uterus dan mencapai sel telur yang sudah dilepas

 

Kenapa harus teratur diminum sih?
Pil KB ini adalah salah satu metode kontrasepsi favorit karena praktis dan efektif mencegah kehamilan hingga 99% kalau diminum secara teratur.

Caranya mudah, kamu hanya perlu minum 1 pil setiap harinya mulai dari hari pertama menstruasi sesuai dengan tanda yang ada di bagian belakang kemasan, lalu tinggal lanjutkan sesuai anak panahnya deh.

Disarankan untuk minum pil ini di jam yang sama setiap harinya dan jangan sampai terlewat karena perlindungannya hanya 24 jam setelah minum pil. Kalau sampai terlewat maka efektivitasnya akan menurun.

Kalau terlewat, maka ada baiknya menggunakan alat kontrasepsi lainnya, kayak kondom misalnya untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

 

Kalau lupa, gimana?
Kalau lupa minum 1 pil kb, harus segera minum pil yang terlewat lalu lanjutkan minum di hari berikutnya sesuai jadwal, walaupun minumnya jadi dalam waktu yang lebih berdekatan.

Kalau lupa minum 2 pil kb, maka minum 2 pil yang terlewat sekaligus lalu minum 2 pil keesokan harinya.

Kalau lupa minum 3 pil kb, sayangnya manfaat pil sudah tidak ada lagi. Jadi hentikan penggunaan pil dan gunakan metode kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan. Setelah itu bisa mulai minum pil KB lagi pada periode menstruasi berikutnya.

Jadi, apapun jenis kontrasepsi yang dipakai tetap butuh kedisiplinan untuk perlindungan yang optimal. Untuk jenis pil KB, supaya nggak lupa ada baiknya menggunakan pengingat di handphone.

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: