Ini Jenis Alat Kontrasepsi untuk Kamu yang Siklus Menstruasinya Nggak Teratur






Berencana Squad, di masa muda, ada banyak banget faktor yang bisa bikin menstruasi jadi nggak teratur. Selain perubahan hormonal yang sedang kamu alami, stres, pola tidur, pola olahraga, dan pola makan juga bisa berpengaruh (Lim, Kim, et al., 2018). Pilihan alat kontrasepsi pun penting, gengs! Penasaran nggak? Yuk kita kepoin jenis alat kontrasepsi yang bisa menjaga keteraturan siklus menstruasi!

Baca juga: Bikin Hormon Tambah Stabil dengan Pil KB Premium Berkualitas, Ini Rahasianya

Kamu mungkin udah pernah mendengar bahwa alat kontrasepsi ada beragam jenisnya. Nah, jenis alat kontrasepsi yang populer dan sering digunakan karena manfaatnya terhadap siklus menstruasi merupakan pil KB kombinasi. Pil KB kombinasi adalah alat kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon estrogen dan progesteron (Hill, 2019). Kedua hormon tersebut memberi sinyal pada tubuh untuk menebalkan lendir leher rahim agar sperma lebih sulit masuk ke dalam rahim, serta menipiskan dinding rahim demi mengurangi kemungkinan sel telur menempel bila ternyata masih berhasil dibuahi oleh sperma. Alhasil, nggak terjadi kehamilan.

Lalu, apa hubungannya pil KB kombinasi dengan menstruasi yang lebih teratur? Ketika kamu mengonsumsi pil KB kombinasi, kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh jadi lebih seimbang. Menurut penelitian, penggunaan pil KB kombinasi dengan kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol secara teratur efektif dalam mengontrol siklus menstruasi, mengobati jerawat yang parah, serta membuat mood jadi semakin baik (Bitzer, Romer & Filho, 2017).  Nggak hanya itu, faktanya, pil KB kombinasi pun dapat membuat kista yang ada di indung telur cepat mengecil hingga akhirnya hilang (Ismael, Mohamed, et al., 2020). Meskipun begitu, pemakaiannya tetap harus diawali dengan berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter atau bidan, ya gengs! Soalnya, pil ini bukan obat. Fungsi utamanya tetaplah sebagai alat kontrasepsi.

Cara menggunakannya gimana? Pil KB kombinasi biasanya diminum satu butir setiap hari pada jam yang sama agar efektivitasnya optimal. Misalnya, jika malam ini kamu meminumnya pukul 8 malam, maka besok dan seterusnya juga sama. Agar nggak lupa, disarankan untuk membuat alarm pengingat di HP.

Agar efektivitas pil KB dalam mengatur siklus menstruasi bisa lebih maksimal, ada baiknya jika kamu juga menerapkan pola hidup sehat yang baik untuk mendukung keseimbangan hormon. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, serta menghindari sumber stres yang berlebihan. Menerapkan pola hidup sehat bisa jadi cukup menantang kalau kamu berusaha melakukannya sendirian, tapi kamu bisa banget kok mengajak doi atau sahabat baikmu untuk ikut mengubah pola hidup. Kalau dilakukan bareng, yakin deh, pasti kamu akan lebih termotivasi! Asalkan kamu melakukannya dengan konsisten, mudah-mudahan siklus menstruasimu akan semakin teratur.

Baca juga: Fakta Kesehatan Reproduksi: Kenapa Siklus Mens Tiap Perempuan Beda-beda?

Berencana Squad, itulah sekilas penjelasan soal pil KB kombinasi, jenis alat kontrasepsi untuk kamu yang siklus menstruasinya nggak teratur. Selain itu, kalau kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar kontrasepsi atau perencanaan kehamilan, kamu pun boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: WhatsApp Berani Berencana

- Line Chat: Line Berani Berencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana

Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR



RELATED ARTICLE