Ini 3 Manfaat Dari Kontrasepsi Modern Yang Wajib Kamu Tahu!


Kunyit

Berencana Squad, tahu nggak sih? Kehamilan ternyata bisa terjadi nggak hanya ketika kamu lupa berkontrasepsi, tapi juga ketika metode KB yang kamu gunakan tidak efektif. Inilah alasan kenapa sebaiknya kamu nggak sembarangan mengikuti trik-trik pencegah kehamilan dari teman. Daripada mengambil risiko, yuk kita pelajari sedikit soal kontrasepsi modern yang lebih terjamin!

Baca juga: Tips Memilih Kontrasepsi Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Kontrasepsi modern adalah semua produk dan prosedur medis yang mencegah kehamilan, misalnya IUD, implan, pil KB, kondom, suntikan KB, kondar, cincin vagina, patch, diafragma, dan spermisida (Hubacher & Trussel, 2015). Selain kontrasepsi modern, ada juga metode kontrasepsi tradisional, contohnya penggunaan kalender kesuburan dan ejakulasi di luar vagina. Akan tetapi, kontrasepsi modern ternyata lebih banyak keunggulannya, lho! Berikut beberapa di antaranya.

• Kontrasepsi modern bisa digunakan kapan saja
Jika kamu menggunakan metode tradisional seperti kalender kesuburan, ada hari-hari saat masa subur di mana hubungan seks harus dihindari (Dweck & Westen, 2017). Padahal, kadar hormon di dalam tubuh justru sedang memuncak di sekitar masa subur, sehingga hasrat seksual biasanya juga akan lebih tinggi. Bikin frustrasi ya?! Nah, hal ini nggak akan menjadi masalah kalau kamu menggunakan kontrasepsi modern. Soalnya, perlindungan KB modern tidak tergantung oleh tanggal kesuburan kamu.

• Kontrasepsi modern lebih nyaman
Kalau sedang menggunakan metode ejakulasi di luar, kemudian pasangan terlambat mengeluarkan penis, kamu bisa hamil hanya karena doi gagal mengontrol diri selama beberapa detik. Kehamilan juga bisa terjadi kalau pasanganmu tiba-tiba berubah pikiran dan sengaja tidak menarik penis keluar, apapun alasannya. Jika kamu memakai metode KB modern seperti IUD, implan, atau suntik KB, kamu akan merasa nyaman dan tidak perlu khawatir mengenai kemampuan doi untuk mengontrol diri atau apakah doi benar-benar mau kooperatif.

• Kontrasepsi modern lebih praktis
Untuk menggunakan kalender kesuburan, kamu perlu mencatat dan memahami siklus menstruasimu secara rutin. Jika perhitunganmu meleset, risiko kehamilan lebih besar. Metode ini juga kurang bisa diandalkan jika siklus menstruasi tidak teratur (Dweck & Westen, 2017). Kalau dibandingkan dengan KB modern, satu-satunya yang butuh ketelitian dan disiplin yang tinggi adalah pil KB, itu pun masih ada solusi-solusi yang bisa dilakukan jika kamu lupa meminumnya. Untuk IUD, implan, atau suntik KB, yang penting adalah kamu hadir sesuai dengan jadwal dan melakukan kontrol jika diperlukan saja. Inilah mengapa secara umum KB modern lebih praktis.

Baca juga: Ini Solusinya Jika Kamu Lupa Minum Pil KB!

Berencana Squad, itulah sekilas penjelasan mengenai keunggulan KB modern dibandingkan dengan KB tradisional. Metode mana pun yang mau kamu pilih tentunya kembali lagi pada keputusan dan kondisi kesehatanmu. Kalau kamu masih bingung, konsultasikan ke dokter atau bidan. Selain itu, kamu boleh bertanya ke Berani Berencana melalui:
- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, curhat ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: