Ikuti 5 Kebiasaan Menguntungkan ini untuk Mulai Mengatur Keuangan Sendiri


Kunyit

Berencana Squad, seiring perjalanan kamu dari remaja menuju dewasa, kamu akan mulai memiliki tanggung jawab untuk mengatur keuanganmu sendiri. Di satu sisi, pengalaman ini bakal seru banget. Di sisi lain, kamu mungkin akan kewalahan memenuhi berbagai kebutuhan dengan budget yang terbatas. Agar nggak bokek di akhir bulan, berikut beberapa kebiasaan yang bisa kamu terapkan.

• Membuka akun tabungan di bank 
Berhubung sudah mandiri, wajar dong kalau kamu mulai memisahkan tabungan kamu dari tabungan ortu. Caritahu terlebih dahulu mengenai keuntungan membuka akun tabungan di bank yang kamu inginkan. Kemudian, datangi bank untuk meminta dibukakan rekening tabungan. Agar lebih mudah memonitor segala transaksimu, nggak ada salahnya meminta bantuan customer service bank untuk mengaktivasi fitur SMS banking / mobile banking.

• Membuat budget pengeluaran
Pembagian budget disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya: budget makan, transportasi, pulsa dan internet, biaya pendidikan, token listrik, tagihan air, tabungan bulanan, biaya rekreasi, amal, dan lain-lain. Jangan lupa mengalokasikan budget untuk keperluan darurat. Kalau kamu masih bingung dalam menyusun prioritas, komunikasikan dengan orangtuamu. Siapa tahu mereka bisa memberikan tips yang bermanfaat.

• Masak sendiri
Apa hubungannya masak sendiri dengan mengatur keuangan? Kalau kamu telah magang / bekerja dan membiayai hidup sendiri, kamu mungkin sudah pernah panik karena sebagian besar dari pendapatanmu ternyata ludes hanya untuk biaya makan. Waduh!? Ini bisa kamu cegah dengan belajar masak. Nggak perlu resep yang ribet, kok. Belajar masak nasi, menggoreng lauk seperti telur dan tempe, serta menumis sayur pun sangat membantu. Bahan baku di pasar jauh lebih murah daripada makanan jadi.

• Mencari pemasukan tambahan
Masih fokus dengan pendidikan bukan berarti nggak bisa memiliki tambahan masukan. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa diambil oleh pelajar/mahasiswa. Misalnya, kamu yang jago merias bisa mencari uang tambahan dengan menjadi make-up artist pada acara wisuda senior. Begitu juga kalau kamu hobi mengajar, bisa jadi tutor pribadi adik kelas. Yang penting kamu tahu cara memanfaatkan peluang dari skill yang kamu punya.

• Menghindari pinjaman yang tidak perlu
Di zaman serba digital, jauh lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman. Tanpa kartu kredit, kamu bisa tinggal klik beberapa tombol di layar komputer atau HP. Bahkan memesan makanan secara online pun sekarang bisa dibayar belakangan. Dengan banyaknya godaan yang ada, upayakan untuk menghindari pinjaman yang tidak perlu. Jangan sampai kamu jadi terlilit utang yang sebenernya bisa dicegah.  

Berencana Squad, mudah-mudahan dengan menerapkan 5 kebiasaan tadi, kamu pun bisa jadi lebih tenang dalam mengatur keuangan kamu sendiri. Kalau sudah punya perencanaan yang matang, di akhir bulan nggak perlu lagi, tuh, makan mi instan pakai kerupuk dan kecap. Betul nggak, Gengs?

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply

, 2019-08-18 22:56:03.207807

Hey - I was checking out your site and I’m impressed with how clean and professional it looks. Adding video to your website has become an absolute MUST. Even something basic that clearly defines exactly what it is you're offering & why work with your company vs competitors... My team, based out of Jerusalem and California, creates quality animated explainer videos. Our award-winning videos are proven to increase customer engagement and decrease user bounce rate. Email me back for som

Reply

, 2019-10-02 01:08:30.610089

Hello beraniberencana.com, People ask, “why does TalkWithCustomer work so well?” It’s simple. TalkWithCustomer enables you to connect with a prospective customer at EXACTLY the Perfect Time. - NOT one week, two weeks, three weeks after they’ve checked out your website beraniberencana.com. - NOT with a form letter style email that looks like it was written by a bot. - NOT with a robocall that could come at any time out of the blue. TalkWithCustomer connects you to that person wit

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: