Dua Lapis Kondom Lebih Aman, Mitos atau Fakta Sih?


Kunyit

Berencana Squad, sekilas mungkin kesannya masuk akal untuk melapis dua kondom dalam sekali pakai biar nggak bocor. Apalagi, banyak kondom yang bahannya sepertinya terlihat sangat tipis. Tapi kamu tau nggak sih kalau menggunakan kondom dengan cara ini justru salah dan beresiko? Berikut penjelasannya. 

Kondom berfungsi untuk mencegah kehamilan dengan cara menghalangi agar sperma tidak masuk ke dalam vagina. Selain itu, kondom juga satu-satunya alat untuk mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS). Pada umumnya, kondom terbuat dari bahan lateks, namun ada juga yang terbuat dari bahan-bahan lain, seperti karet, polyurethane, dan polyisoprene. Ketebalan dan jenis nya sudah sangat bervariasi, lho.

Nah, ketika kamu menggunakan 2 kondom sekaligus, gaya gesek yang timbul di antara kedua lapisan kondom tersebut justru akan meningkatkan kemungkinan rusaknya kondom. Ini nggak cuma berlaku bagi penggunaan 2 kondom laki-laki sekaligus, namun juga penggunaan kondom laki-laki dan kondom perempuan pada saat yang bersamaan. Akibatnya, kondom bisa robek. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan serta penyebaran infeksi menular seksual. 

Jika masih takut bocor, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

* Pilih kondom dengan kualitas yang terpercaya. Periksa kondisi kemasan sebelum membeli.

* Ikuti instruksi penggunaan kondom dengan benar.

* Simpan kondom di tempat yang aman serta tidak terpapar langsung dengan cahaya matahari, agar kondom lebih tahan lama dan kualitasnya lebih terjaga.

* Jika diperlukan, gunakan pelumas khusus yang berbahan dasar aman seperti air agar mengurangi gaya gesekan pada kondom.

* Banyak alternatif kontrasepsi lain yang dapat digunakan secara bersamaan dengan kondom, misalnya pil KB, suntik KB, implan, dan IUD. Semuanya efektif untuk mencegah kehamilan, namun masing-masing alat kontrasepsi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Untuk mengetahui alat kontrasepsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik tubuhmu, nggak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

Berencana Squad, #TakeCTRL kesehatan reproduksi kamu dengan mencari tau lebih banyak lagi tentang penggunaan kondom yang baik dan benar, ya!

>> Klik disini untuk isi survey #BeraniTahu sekarang juga dan menangkan hadiahnya! <<

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: