Dapat THR Banyak, Diapain Ya?


Kunyit

Berencana Squad, momen yang kamu nanti-nantikan sudah tiba. Keluarga serta tetangga banyak yang menunjukkan kemurahan hati mereka di bulan penuh kemenangan ini melalui amplop-amplop lucu warna-warni. Kira-kira uang THR-mu mau diapain ya? Berikut beberapa ide yang bisa kamu gunakan.

• Ditabung
Berhubung kamu sudah mulai dipercaya untuk mengelola keuanganmu sendiri, tunjukkan pada orangtuamu bahwa kamu pun sudah bisa menabung. Kamu bisa memanfaatkan celengan atau membuka tabungan khusus remaja di bank. Punya tabungan itu bermanfaat banget loh! Kamu jadi punya cadangan uang dalam situasi darurat. Selain itu, tabunganmu juga bisa digunakan untuk kebutuhanmu di masa depan.

Baca juga: Ikuti 5 Kebiasaan Menguntungkan Ini untuk Mulai Mengatur Keuangan Sendiri

• Digunakan untuk mentraktir diri sendiri
Berencana Squad, kamu boleh, kok, mentraktir diri sendiri dengan membeli sesuatu yang sudah lama kamu inginkan. Meskipun begitu, usahakan untuk tetap mengontrol pengeluaranmu ya. Soalnya, penelitian menemukan bahwa 50% remaja sering tergoda untuk berbelanja secara impulsif alias tanpa perencanaan (Lührmann, Serra-Gracia & Winter, 2012). Untuk menghindari ini, sisihkan dulu sejumlah uang yang memang akan kamu pakai untuk berbelanja. Sisa uangnya tetap dialokasikan untuk tabungan dan kepentingan-kepentingan lain.

• Dipakai buat beli hadiah untuk orang yang kamu kasihi
Sebagian dari THR-mu bisa kamu alokasikan untuk membahagiakan orang-orang yang kamu sayangi. Misalnya, kamu bisa membeli kado untuk orangtuamu atau memesankan makanan kesukaan doi. Nggak perlu mahal, kok. Mereka pasti akan menghargai niatmu.

Baca juga: 5 Cara Menunjukkan Apresiasi Terhadap Keberadaan Doi

• Dimanfaatkan sebagai dana ‘investasi’ untuk mengembangkan skill kamu
Aduh, dengar kata ‘investasi’ kok kayaknya berat amat ya? Tenang, investasi di sini bukan berarti kamu tiba-tiba harus punya bisnis sendiri. Kamu bisa berinvestasi dengan mengembangkan skill yang kamu miliki, misalnya dengan menggunakan uang THR untuk berlangganan aplikasi belajar bahasa, musik, komputer, atau apapun yang sesuai dengan hobimu. Ini juga bisa menjadi cara yang produktif untuk menghabiskan waktumu di tengah momen karantina COVID-19, saat kamu harus #DiRumahAja.

Baca juga: 11 Skill yang Bakal Menguntungkan Kamu di Era Teknologi
 
• Diamalkan
Lebaran kali ini negeri kita ditimpa wabah penyakit yang cukup berat. COVID-19 ini mengancam pendapatan orang-orang dari berbagai sector. Kalau kamu memang punya uang yang bisa disisihkan, nggak ada salahnya berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Kamu mungkin nggak bisa memberikan nominal yang besar, namun semakin banyak orang yang menyisihkan sebagian dari apa yang mereka miliki untuk membantu yang lain, semakin mudah kita melewati bencana ini. Yuk, mulai dari diri kita sendiri.

Berencana Squad, itulah 5 ide yang bisa kamu terapkan kalau kamu bingung mengatur uang THR yang kamu terima. Kalau masih bingung atau punya pertanyaan, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Semua yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: