Cari Tahu Cara Cek Infeksi Menular Seksual (IMS), Gimana Sih?


Kunyit

Berencana Squad, bagi kamu yang sudah melewati pubertas, wajib banget nih untuk paham cara periksa IMS ke klinik. Kamu sendiri tau nggak sih arti dari IMS? Berikut pembahasan singkatnya.

IMS atau infeksi menular seksual adalah infeksi yang bisa ditularkan oleh bakteri atau virus lewat hubungan seksual tanpa pengaman. IMS ada banyak jenisnya. Beberapa di antaranya adalah sifilis, gonnorhea, klamidia, HIV/AIDS, dan kandida.

Kenapa sih kita perlu memeriksakan IMS ke klinik? Bukannya kalau nggak punya keluhan berarti aman-aman aja?
Berbeda dengan sejumlah penyakit lainnya, sebagian besar IMS nggak menunjukkan gejala apa pun. Artinya, kamu bisa saja terkena IMS dan nggak menyadarinya. Padahal, semakin lama dibiarkan, treatment yang dibutuhkan untuk mengatasi IMS bisa menjadi lebih kompleks. Sebaliknya, semakin cepat diperiksa, maka semakin cepat infeksi tersebut terdeteksi, dan semakin cepat juga kamu bisa mendapatkan pengobatan.

Lalu kalau mau periksa IMS, langkah-langkahnya gimana ya?
Nah, kalau kamu mau periksa IMS, prosedurnya nggak sulit kok! Berikut langkah-langkah periksa IMS di klinik:
• Mengisi data pribadi. Data yang diisi di sini bersifat rahasia dan identitas kamu nggak akan disebarluaskan.
• Konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan konseling serta membahas proses yang akan kamu lalui sehingga kamu nggak merasa bingung maupun cemas. Jika kamu memiliki keluhan, kamu juga bisa menyampaikannya ke dokter pada saat konsultasi.
• Cek laboratorium. Di tahap ini akan dilakukan pengambilan sampel darah dan/atau sampel cairan kelamin.
• Penerimaan hasil cek laboratorium. 
• Konsultasi akhir.

Apa yang terjadi seandainya hasil lab dinyatakan positif IMS? 
Seandainya hasilnya positif, dokter akan menjelaskan mengenai obat yang perlu dikonsumsi sesuai dengan jenis IMS yang kamu miliki. Misalnya, bagi yang terdeteksi positif HIV, ada obat yang disebut dengan ARV (anti-retroviral drugs). ARV memang belum bisa 100% membunuh virus, tetapi bisa ‘menidurkan’ virus di dalam tubuh sehingga orang dengan IMS masih bisa beraktivitas dengan normal dan tetap terlihat sehat. Jenis-jenis ARV yang dikenal saat ini antara lain Efavirenz, Etravirine, Nevirapine, Lamivudin, dan Zidovudin.

Kira-kira begitulah tahapan cek IMS secara umum. Jangan pernah ragu atau malu untuk mengutarakan keluhan kamu secara terbuka ke dokter karena kamu pasti akan dibantu. Ingat ya, semakin cepat diperiksa, semakin cepat terdeteksi dan semakin cepat bisa diobati. Yuk, rutin cek kesehatan reproduksi kamu!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply

, 2019-08-18 22:56:03.207807

Hey - I was checking out your site and I’m impressed with how clean and professional it looks. Adding video to your website has become an absolute MUST. Even something basic that clearly defines exactly what it is you're offering & why work with your company vs competitors... My team, based out of Jerusalem and California, creates quality animated explainer videos. Our award-winning videos are proven to increase customer engagement and decrease user bounce rate. Email me back for som

Reply

, 2019-10-02 01:08:30.610089

Hello beraniberencana.com, People ask, “why does TalkWithCustomer work so well?” It’s simple. TalkWithCustomer enables you to connect with a prospective customer at EXACTLY the Perfect Time. - NOT one week, two weeks, three weeks after they’ve checked out your website beraniberencana.com. - NOT with a form letter style email that looks like it was written by a bot. - NOT with a robocall that could come at any time out of the blue. TalkWithCustomer connects you to that person wit

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: