Ajaib, Implan Menghilang Tiba-tiba! Mitos atau Fakta, Ya?


Kunyit

Berencana Squad, belakangan ini mungkin kamu pernah mendengar desas-desus aneh mengenai alat kontrasepsi implan, atau juga dikenal dengan ‘susuk’. Katanya nih, implan bisa berpindah tempat tiba-tiba tanpa sepengetahuan orang yang sedang memakainya. Duh, mendengar kabar seperti ini tentunya akan bikin kamu jadi waswas. Padahal, informasi tersebut sama sekali tidak benar. Supaya kamu nggak salah kaprah soal implan, mitos ini kita kupas tuntas dulu, ya. 

Implan biasanya dipasang di bawah permukaan kulit, yaitu pada bagian lengan atas. Bentuknya seperti tabung plastik pendek seukuran korek api. Cukup kecil untuk tetap membuat penggunanya nyaman, namun nggak sekecil itu sampai tiba-tiba bisa nggak diketahui di mana keberadaannya.

Lalu, kenapa dong bisa ada yang bilang bahwa implan bisa “menghilang tiba-tiba”? Pendapat seperti ini kemungkinan muncul karena kurangnya pemahaman publik mengenai implan. Berikut 4 alasan mengapa implan nggak akan “menghilang” atau berpindah tempat.

  • Implan dipasang tepat di bawah kulit sehingga nantinya implan akan diikat oleh jaringan otot agar tidak berpindah-pindah. Selain itu, ia juga dipasang di bagian lengan yang lebih jarang digunakan sehingga nggak akan bergeser dengan semudah itu. Kamu tetap bisa produktif melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Implan dipasang oleh tenaga medis profesional yang sudah terlatih, seperti dokter dan bidan. Pemasangannya melalui serangkaian prosedur medis yang ketat sehingga lebih terjamin keamanannya.
  • Lokasi pemasangan implan yang berada di bawah permukaan kulit benar-benar memudahkan kamu untuk mengecek sendiri posisi implannya. Nggak masuk akal banget, dong, kalau tiba-tiba hilang sendiri dan kamu nggak merasakan apa-apa.
  • Selama 3-4 tahun masa pemakaian, selalu ada jadwal kontrol rutin dengan dokter atau bidan untuk memastikan bahwa nggak ada masalah dalam penggunaan implan kamu. Implan akan senantiasa dimonitor dengan baik.

Jadi, Berencana Squad, kamu nggak perlu panik mendengar mitos aneh bin ajaib soal implan ini. Kalau memang kamu memang masih cemas atau memiliki keluhan, konsultasikan dengan dokter atau bidan. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi @BeraniBerencana untuk curhat seputar pengalaman kamu menggunakan implan.

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: