7 Soft Skills yang Kamu Butuhkan Demi Masa Depan Cemerlang


Kunyit

Berencana Squad, di era modern dengan persaingan yang sangat ketat ini, soft skills yang kamu miliki bisa sangat memengaruhi kesuksesan kamu di bidang karir. Tapi tahu nggak sih? Ternyata nilai dari tiap soft skills itu nggak sama, loh! Menurut penelitian yang dilakukan oleh Calanca, Sayfullina, et al. (2019), jenis-jenis soft skills ini pada umumnya dimiliki oleh mereka yang berpendapatan tinggi.

•  Kematangan (maturity)
Setiap orang bisa saja belajar agar menjadi lebih cerdas, tapi cerdas saja nggak selalu cukup. Dalam dunia kerja, kamu juga membutuhkan kedewasaan dalam berpikir dan bersikap. Hal inilah yang disebut dengan kematangan.

•  Kemampuan mendelegasikan tugas (delegation)
Apa pun bidang pekerjaanmu nantinya, kamu nggak bisa melakukan semuanya sendiri. Oleh karena itu, kamu pun harus mampu mendelegasikan tugas. Tentunya kamu butuh taktik sendiri agar orang lain mau bekerja sama mengerjakan bagian tugas masing-masing. Misalnya dengan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai serta menjabarkan langkah-langkah yang perlu dilakukan secara jelas.

Baca Juga: 5 Strategi Punya Spesialisasi agar Lebih Dilirik di Pasar Kerja

•  Kemampuan membangun tim (team building)
Agar suatu perusahaan bisa mencapai target, diperlukan tim yang kompak dan solid. Setiap orang harus bisa saling berempati. Dengan begitu, anggota tim bisa saling melengkapi satu sama lain dengan kelebihan dan kekurangan yang ada.

• Kemampuan membuat rencana strategis (strategic planning)
Seseorang yang berpikir secara strategis bisa melihat masalah secara keseluruhan, nggak hanya dari satu sisi saja. Ini merupakan skill yang sangat dibutuhkan di dunia karir. Soalnya, dengan kemampuan tersebut, kamu akan sangat membantu perusahaan untuk tetap berperforma secara maksimal, nggak hanya untuk saat ini tapi juga dalam jangka panjang.

Baca Juga: 6 Trik Sukses Bikin Bisnis Sendiri di Usia Muda

• Kemampuan bekerja dengan ritme yang cepat (ability to work in a fast-paced environment)
Kalau dulu seorang karyawan diberikan waktu sekian hari untuk mengirimkan berkas, sekarang berkas apa pun bisa dikirimkan dalam waktu beberapa detik melalui e-mail atau instant messaging. Alhasil, kamu dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Hal ini berlaku secara umum di hampir semua jenis perusahaan, khususnya yang mengandalkan teknologi.

Baca Juga: 11 Skill yang Bakal Menguntungkan Kamu di Era Teknologi

• Kemampuan memimpin (leadership)
Meskipun terdengar seperti skill yang sangat ‘klasik’, kemampuan memimpin tetap menjadi skill yang relevan hingga saat ini. Di generasi milenial khususnya, pemimpin yang bersifat demokratis cenderung lebih disukai.

• Kemampuan memberikan dan menerima masukan yang membangun (constructive feedback)
Setiap orang tentunya ingin maju dalam karir dan cita-cita. Untuk bisa maju, dibutuhkan ilmu, pengalaman langsung, serta masukan-masukan dari luar yang bersifat membangun. Selain perlu menerima masukan, kamu juga harus bisa memberi masukan dengan cara yang sesuai agar bisa diterima oleh orang lain. Di sini kemampuan komunikasi juga memegang peranan penting.

Berencana Squad, itulah tadi 7 soft skills yang kamu butuhkan demi masa depan yang lebih cemerlang. Akan tetapi, bukan berarti kamu nggak perlu mempelajari skill-skill lainnya ya. Perlu dipertimbangkan juga bahwa jenis pekerjaan yang berbeda tentunya bisa membutuhkan soft skills yang berbeda pula. Jika kamu masih bingung atau memiliki pertanyaan, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Yuk, konsultasikan rencana masa depan dan karirmu ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: