5 Rahasia Mewujudkan Resolusi Tahun Baru


Kunyit

Berencana Squad, dari setiap 20 orang yang menuliskan ‘berhenti merokok’ sebagai resolusi tahun baru mereka, hanya 1 yang berhasil (Walsh & Paul, 2002). Hal yang serupa terjadi pada perempuan yang memutuskan untuk menurunkan berat badan di tahun baru, sebagian besar mengalami kegagalan (Rössner, Hansen, & Rössner, 2011). Sebanyak 39% memulai program di bulan Januari, 22% di Februari, dan 26% di Maret, dibandingkan dengan 6%, 3%, dan 2% di Oktober, November, dan Desember. Hal ini menunjukkan adanya tren ‘semangat tahun baru’ yang tidak diikuti dengan konsistensi dalam mempertahankan resolusi yang telah dibuat.

Kira-kira gimana ya caranya agar resolusi tahun baru bisa benar-benar tercapai?

Berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menuliskan resolusi secara spesifik

Usahakan agar resolusi yang kamu buat memang spesifik sebab target yang lebih spefisik cenderung lebih sering tercapai (Mooney & Mutrie, 2000). Artinya, jelas arah dan tujuannya. Misalnya, alih-alih mengatakan ‘ingin lebih rajin belajar’, lebih baik kamu menulis ‘ingin mengulang materi pembelajaran selama 45 menit setiap malam’. Dengan begitu, kamu bisa memonitor targetmu sendiri.

2. Mengatur kurun waktu pencapaian resolusi

Setiap target pasti butuh waktu sebelum bisa kamu capai. Kalau kamu ingin menguasai bahasa asing baru hingga nyaman berbincang-bincang dengan native speaker, kamu mungkin membutuhkan 2-3 tahun berlatih berbicara dalam bahasa tersebut. Tidak apa-apa jika memang waktunya lama, yang penting kamu menetapkan dengan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut beserta dengan deadline-nya. Misalnya, tahun ini kamu ingin mengambil kursus bahasa untuk level pemula, belajar kosakata, dan mendengarkan audio. Tahun depan, kamu mengambil kursus untuk level menengah, belajar tata bahasa, dan membaca buku dalam bahasa asing tadi. Biar lambat, yang penting kamu berkomitmen untuk mengembangkan diri.

3. Bersikap realistis

Nggak usah terlalu ambisius kalau kamu nggak yakin bisa melakukannya secara konsisten. Faktanya, konsistensi dalam berusaha dan semangat untuk mencapai target merupakan faktor yang lebih bisa memprediksi kesuksesan dibandingkan kecerdasan/IQ seseorang (Matthews & Kelly, 2007). Misalnya, daripada mengatakan harus belajar biologi 3 jam setiap hari agar menang olimpiade sains nasional, kamu bisa membulatkan tekad untuk belajar biologi selama 20-30 menit setiap harinya dengan metode-metode yang menyenangkan seperti melalui video, eksperimen, dan sebagainya, serta memasang target untuk berpartisipasi dalam 3 kompetisisi di tahun mendatang. Menang atau kalah urusan belakangan, yang penting kamu berkomitmen untuk menambah ilmu dan pengalaman secara konsisten.  

4. Menyusun prioritas

Jangan membuat terlalu banyak target sekaligus di waktu yang bersamaan sebab kamu nggak akan bisa fokus dalam mencapainya. Batasi jumlah resolusimu. Daripada memiliki 10 target yang tidak tercapai, akan jauh lebih baik jika kamu hanya memiliki 3 target namun bisa mencapai semuanya. Ingat bahwa energi, waktu, dan kemampuan fokus kamu terbatas.

5. Dilakukan bersama-sama

Menurut hasil penelitian, melakukan suatu aktivitas secara berkelompok bisa meningkatkan motivasi diri (Krishen, 2013). Hal ini berlaku khususnya jika target yang ingin kamu capai berada dalam konteks akademis. Motivasi positif bisa ‘menular’ dan membuat kamu semakin bersemangat dalam mencapat target.

Berencana Squad, itulah 5 rahasia yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai resolusi tahun baru. Selamat merayakan tahun baru dan berlibur dengan keluarga! Semoga resolusi positif kamu semuanya terwujud, ya… Jika kamu masih memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya ke Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512

- Line Chat: @beraniberencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana.

Yuk, konsultasikan rencana masa depan kamu dengan Berani Berencana!

 

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: