5 Cara Menunjukkan Apresiasi terhadap Keberadaan Doi


Kunyit

Berencana Squad, kamu tentunya sudah sering mendengar bahwa kalau pasangan nggak saling mendukung, kualitas hubungan mereka cenderung lebih buruk. Tapi tahu nggak sih bahwa kalau pihak yang memberikan dukungan dalam sebuah hubungan merasa cemas dan menganggap bahwa keberadaannya nggak dihargai, orang tersebut juga akan cenderung bersikap lebih negatif dalam memberikan dukungan (Jayamaha, Girme & Overall, 2017). Waduh, ribet juga yak?! Nggak kok, intinya sederhana: pasangan butuh diapresiasi!

Baca juga: 3 Tips Agar Kamu Nggak Marah Melulu ke Doi

Jadi, gimana sih caranya menunjukkan apresiasi terhadap keberadaan doi? 

1. Ucapkan terima kasih

Menurut penelitian, mengungkapkan rasa terima kasih bisa membantu membangun dan mempertahankan hubungan (Algoe, Haidt, & Gable, 2008). Mengekspresikan rasa terima kasih dalam kehidupan sehari-hari ketika sedang menjalin hubungan romantis juga meningkatkan koneksi positif di antara kedua belah pihak dan kepuasan hubungan di hari berikutnya (Algoe, Gable & Maisel, 2010). Oleh karena itu, upayakan untuk selalu mengucapkan terima kasih dan memberikan senyuman, sekecil apa pun bantuan yang diberikan oleh doi. 

2. Ungkapkan seberapa berarti dukungan doi bagi kamu melalui kartu ucapan

Kalau kamu tipe orang yang kesulitan mengungkapkan perasaan secara langsung, nggak ada salahnya menggunakan kartu ucapan sebagai media untuk mengekspresikan isi hati kamu. Nggak perlu kartu ucapan yang mahal, kok. Kamu juga bisa menggunakan kertas surat, kertas binder, post-it note, atau bahkan kertas polos. Yang penting adalah isinya dan niat kamu.

3. Usahakan untuk hadir saat doi butuh dukungan kamu

Ketika pasangan mempersepsikan bahwa segala hal dan jerih payah yang dituangkan ke dalam sebuah hubungan nggak bersifat timbal-balik, pasangan menjadi lebih rentan akan perasaan cemas dan depresi (Carlson & Rose, 2007). Oleh karena itu, apabila doi memang banyak mendukung kamu, usahakan untuk membalas dengan tindakan serupa. Kalau doi bisa sabar mendukung ketika kamu sibuk belajar menghadapi ujian semester, kamu juga harus mendukung doi waktu doi menyelesaikan skripsi. Memang membosankan, tapi hubungan yang positif harus timbal-balik!

Baca juga: Pacaran Sehat, Relationship Goal buat Kamu dan Doi

4. Biarkan doi menikmati waktu pribadinya

Meskipun pasangan merasa bahagia menghabiskan waktu berdua dalam hubungan, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan konflik jika pasangan sampai harus mengorbankan waktu luang yang semestinya dihabiskan dengan teman-teman dan anggota keluarga  (Shaw & Mannell, 2003). Selain itu, doi juga butuh waktu untuk dirinya sendiri. Bukan berarti nggak sayang, tapi terkadang pasangan pun butuh me-time dalam hubungan agar tidak merasa lelah ataupun jenuh.

Baca juga: Me-Time Saat Pacaran Bikin Doi Tambah Sayang, Apa Sih Rahasianya?

5. Berikan doi hadiah kecil yang bermakna

Pilih sesuatu untuk dijadikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kamu atas segala dukungan doi. Memberi hadiah bisa dilakukan kapan pun, kok. Kamu nggak harus menunggu ulang tahun, hari raya keagamaan, atau anniversary. Kalau kira-kira kamu nggak punya budget, kamu bisa membuat hadiah sendiri, misalnya lukisan, cetakan foto yang dihias, aksesoris, dan sebagainya.

Berencana Squad, itulah tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan apresiasimu atas kehadiran doi. Semoga dengan mengetahui cara-cara tersebut, kamu bisa meningkatkan kualitas hubungan kalian, ya! Kalau kamu masih memiliki pertanyaan atau ingin curhat mengenai permasalahan dalam hubungan kamu, kamu juga bisa, loh, curhat ke Berani Berencana! Kamu bisa menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113104512

- Line Chat: @beraniberencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana.

Semua yang kamu sampaikan akan terjaga kerahasiaannya, kok. Jadi, nggak perlu ragu untuk curhat, ya! Siapa tahu dengan curhat kamu bisa menemukan ide-ide lain untuk meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan doi.

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply

, 2020-05-01 09:11:36.688202

Cool website! My name’s Eric, and I just found your site - beraniberencana.com - while surfing the net. You showed up at the top of the search results, so I checked you out. Looks like what you’re doing is pretty cool. But if you don’t mind me asking – after someone like me stumbles across beraniberencana.com, what usually happens? Is your site generating leads for your business? I’m guessing some, but I also bet you’d like more… studies show that 7 out 10 who land on a site wind

Reply

TEST

bughunt-borneo.o , 2020-05-26 19:03:40.204595

TEST

bughunt-borneo.org



Reply





Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: