4 Fakta Seru Soal Ciuman


Kunyit

Berencana Squad, di masa pubertas ini, beberapa dari kamu mungkin sudah mulai naksir dengan orang lain atau bahkan sudah punya pacar. Tentunya pada penasaran dong, dengan berbagai aktivitas mesra yang dilakukan di antara pasangan? Biar tambah seru, kali ini Berani Berencana akan berbagi sejumlah fakta menarik mengenai ciuman yang dikutip dari sejumlah penelitian (Castleman, 2015; Watkins, Leongomez et al., 2019), laman resmi Harvard Health Publishing, dan WHO. Berikut beberapa di antaranya:

• Ciuman menyebabkan reaksi kimia dalam tubuh yang meningkatkan mood dan gairah seksual (Castleman, 2015)
Kalau kamu sering nonton film romantis masa kini, kamu mungkin sering melihat adegan ciuman yang bikin deg-degan. Momen yang tadinya biasa-biasa aja jadi mendadak seru, dan suasana mood langsung berubah. Kira-kira kenapa ya, orang moodnya jadi semakin baik dan gairahnya meningkat ketika berciuman? Ternyata, ini terjadi karena proses ciuman melepaskan dopamin dan zat-zat kimia lainnya dalam tubuh yang memicu munculnya rasa bahagia. Dopamin juga dilepas oleh tubuh ketika kamu menghabiskan waktu dengan seseorang yang kamu anggap menarik. Menakjubkan, ya?

• Ciuman meningkatkan kepuasan dan kualitas hubungan dengan pasangan
Nggak hanya sebatas memicu gairah seksual, berciuman juga menjaga kualitas hubungan secara jangka panjang (Watkins, Leongomez, et al., 2019). Artinya, pasangan yang berciuman cenderung lebih puas dalam hubungannya serta memiliki hubungan yang lebih awet. Hal ini terjadi karena ketika kamu mengekspresikan kasih sayang, pasangan bisa merasakan komitmenmu dalam hubungan.

• Ciuman bisa meningkatkan imunitas tubuh
Ketika bibir saling bersentuhan dan terdapat pertukaran saliva, imunitas tubuh juga meningkat. Soalnya, orang yang berciuman jadi berbagi mikroorganisme yang serupa dengan pasangannya. Jadi, ketahanan tubuh terhadap beberapa jenis bakteri dan virus tertentu pun meningkat secara alami.

• Beberapa jenis infeksi menular seksual (IMS) bisa menyebar melalui ciuman
Meskipun bisa meningkatkan imunitas tubuh, berciuman juga sebaiknya tidak dilakukan sembarangan, sebab tetap ada risiko negatifnya bagi kesehatan. Dengan berciuman, seseorang bisa terkena infeksi menular seksual (IMS) seperti herpes simplex virus (HSV) tipe 1, HSV tipe 2, dan cytomegalovirus (CMV) (Harvard Health Publishing, 2019; WHO, 2020). Jadi, tetap hati-hati, ya.

Berencana Squad, itulah 4 fakta seru soal ciuman. Mudah-mudahan kamu jadi lebih memiliki gambaran mengenai manfaat dan risiko dari berciuman, sehingga bisa selektif mengambil sikap di dalam hubungan. Selain itu, kalau kamu masih punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi, hubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: https://wa.me/6281113900527
- Line Chat: line://ti/p/@hxe5510a
- Webchat: available di situs Berani Berencana
Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: