3 Tips Agar Kamu Nggak Marah Melulu ke Doi


Kunyit

Jika kamu merasa familiar dengan skenario di atas, sepertinya kamu perlu belajar untuk mengendalikan emosi. Berikut tips yang mungkin bisa kamu terapkan untuk #TakeCTRL emosi kamu. Yuk, kita bahas!

  • Gunakan waktu untuk menenangkan diri. Bayangkan hal-hal yang membuat kamu tenang, misalnya suasana pantai atau bermain dengan hewan peliharaan. Jika tidak mempan juga, lakukan aktivitas yang dapat memberimu ruang untuk meluapkan emosi, seperti berlari, bernyanyi keras-keras, atau membersihkan rumah. Saat kamu sudah lebih tenang, kembalilah menemui doi.
  • Alih-alih marah, tegurlah doi dengan sopan. Bukannya membenarkan kesalahan doi, tetapi kamu harusnya bisa kok merespon dengan lebih dewasa. Gunakan argumen yang logis serta kata-kata yang tidak kasar atau bersifat menuduh. Contohnya, jika kamu ingin berteriak: ‘kenapa sih kamu egois?!’, sampaikan dengan cara lain yang lebih tenang dan jelas arahnya: ‘aku merasa kurang dihargai karena kamu tidak melibatkan aku dalam diskusi sebelum mengambil keputusan’. Dengan demikian, doi memahami perasaan kamu serta tindakan yang perlu ia ambil untuk memperbaiki perilakunya. 
  • Tetaplah berpikiran realistis. Ingat bahwa berbuat kesalahan itu lumrah. Jangan memaksa doi meminta maaf dengan janji yang kurang masuk akal, seperti: tidak akan pernah mengecewakan kamu lagi seumur hidupnya. Kenyataannya dalam hubungan, pasangan yang amat baik pun sesekali bisa mengecewakan kamu juga. Demikian juga sebaliknya. Daripada berfokus ke ekspektasi yang tidak realistis, sebaiknya kamu dan pasanganmu berfokus pada strategi mengatasi konflik serta memperbaiki hubungan dengan langkah-langkah kecil yang lebih konkret. 

Yang juga tidak kalah pentingnya, Berencana Squad, kenali pemicu kemarahanmu. Kadang-kadang belum tentu doi yang salah. Lapar bisa menjadi pemicu marah. Demikian juga dengan rasa lelah, konsumsi kafein berlebih, kurang tidur, tubuh yang sedang tidak fit, hormon, dan berbagai pemicu lainnya. Dengan menyadari pemicu kemarahanmu, mudah-mudahan kamu bisa mengontrolnya dengan lebih baik. Semoga berhasil ya!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: