2 Jenis Alat Kontrasepsi Ini Setia Nemenin Kamu Bertahun-tahun






Berencana Squad, did you know? Kontrasepsi ternyata bukan kondom doang. Kenyataannya, alat untuk mencegah kehamilan ada banyak banget macamnya. Nah, 2 di antaranya bahkan bisa dipakai sampai bertahun-tahun, loh! Yuk, kepoin 2 jenis alat kontrasepsi super awet ini!

  • KB implan
    KB implan alias KB susuk adalah jenis alat kontrasepsi berbentuk tabung mungil seukuran batang korek api yang dimasukkan oleh dokter atau bidan di bawah permukaan kulit lengan bagian atas (Witton, 2017). Masukinnya simple banget dan nggak terasa sakit sama sekali, ada alat khususnya, jadi nggak perlu sampai pake operasi segala. Setelah pasang, KB implannya nggak bakal keliatan, sehingga dari segi privasi oke banget, nih. Untuk memeriksa posisinya, tinggal diraba aja, ala-ala lampu ajaib Aladin, wkwkwk. Sekali pakai KB implan, bisa skidipapap tanpa perlu takut hamil hingga 3 tahun.

    Cara kerjanya gimana, sih? Kok bisa, dipasangnya di lengan tapi ampuh mencegah kehamilan? Di dalam setiap batang tabung KB implan, terdapat 75 mg hormon progesteron. Nah, hormon ini mencegah pelepasan sel telur dalam tubuh perempuan serta mengentalkan lendir leher rahim (Hill, 2019). Karena leher rahim jadi lengket banget kayak lem, sperma jadi tertahan dan nggak bisa berenang lebih jauh, deh. Akibatnya, nggak ada sperma yang berhasil nyamperin sel telur dan membuahinya, sehingga nggak bakal ada kehamilan.

  • Baca juga: Pasang Implan, Cuma Berapa Menit, Loh!


  • IUD tembaga
    IUD tembaga terbuat dari kombinasi plastik dan tembaga, berukuran mungil, dan berbentuk seperti huruf T (Witton, 2017). Berbeda dengan KB implan, IUD tembaga sama sekali nggak mengandung hormon. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan ion-ion tembaga yang aman bagi tubuh namun toksik bagi sperma.

    Jenis alat kontrasepsi yang satu ini dipasang oleh dokter atau bidan di dalam rahim. Proses pemasangannya juga gampang dan nggak perlu operasi. Karena ukurannya biasanya udah disesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran rahim penggunanya, setelah terpasang kamu nggak akan bisa merasakan bahwa ada IUD di dalam tubuh kamu. Rasanya nyaman dan bebas, kayak nggak pake apa-apa. Sekali pasang, IUD bisa awet dan ampuh mencegah kehamilan hingga 10 tahun (Dweck & Westen, 2017). Jadi, mau ewita tiap hari sambil loncat-loncat juga tetap bakal amaaan.

Baca juga: Nggak Boleh Pake IUD Kalau Belum Punya Anak, Masa Sih?

Berencana Squad, itulah tadi 2 jenis alat kontrasepsi yang setia nemenin kamu bertahun-tahun. Selain awet, keduanya juga bisa dilepas kapanpun tanpa efek samping sebelum masa perlindungannya berakhir kalau memang kamu dan doi sudah siap untuk punya momongan. Perfect banget, kan? Kalau kamu masih punya pertanyaan, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: Whatsapp Berani Berencana
- Line Chat: Line Berani Berencana
- Webchat: available di situs Berani Berencana

Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR



RELATED ARTICLE