11 Skill yang Bakal Menguntungkan Kamu di Era Teknologi


Kunyit

Berencana Squad, dengan pesatnya perkembangan teknologi, jenis-jenis skill yang dibutuhkan di pasar kerja juga ikut berubah. Oleh karena itu, kamu pun dituntut untuk senantiasa mempelajari hal-hal baru. Dari sekian banyaknya kompetensi yang dicari, apa aja sih yang sedang dibutuhkan banyak perusahaan di tahun 2019 ini? Berikut list-nya.

• Analytical reasoning

Kemampuan menganalisa merupakan salah satu skill yang sangat diperlukan di masa kini. Kamu dituntut untuk bisa berpikir kritis dan memilah-milih informasi yang diperlukan sebagai modal untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah. 

• Business analytics

Ketika bisnis sudah jadi serba digital, kamu juga harus memahami perubahan sistem yang semakin terautomatisasi. 

• Competitive strategies

Dengan banyaknya saingan, kemampuan menjalankan riset pasar untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan kompetitor agar dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas produk barang/jasa yang disediakan menjadi sesuatu yang wajib kamu kuasai.

• Corporate communication 

Misalnya, kamu harus tahu cara berkomunikasi di muka umum untuk merepresentasikan kepentingan perusahaan, cara membuat press release, serta cara berhadapan dengan media. 

• Computer graphics & animation

Bagaimana sih caranya membuat gambar model tiga dimensi dari sebuah objek? Ini adalah contoh pertanyaan yang hanya bisa kamu jawab dengan mempelajari computer graphics.

• Data science, data visualization, data engineering

Skill ini diperlukan untuk mengolah data menjadi sekumpulan informasi yang bermakna dan mempresentasikannya dengan cara yang mudah dimengerti oleh orang lain.

• Digital marketing

Kemampuan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan berbagai channel digital merupakan sebuah nilai tambah yang berharga. Kamu harus bisa membangun brand di media sosial. Selain itu, brand juga harus mudah ditemukan di search engine.

• Internet of Things (IOT)

Karena transaksi data sudah nggak bersifat manual lagi, kamu pun perlu menguasai sistem yang dibangun untuk efisiensi penyebaran informasi dalam jaringan pekerjaanmu, misalnya dengan menggunakan alat sensor / perangkat yang terhubung pada cloud. Inilah yang dimaksud dengan internet of things.

• Journalism

Jika jurnalisme di masa lalu terbatas pada kemampuan menulis dan merangkai cerita menjadi sebuah berita, jurnalisme di era modern memiliki pengertian yang lebih luas, yaitu juga mencakup produksi video dan audio.

• Machine learning & Artificial Intelligence

Sekarang pembuat keputusan nggak hanya manusia, tapi juga mesin. Dengan algoritma yang sesuai, mesin dapat ‘berpikir’ dan membuat keputusan sendiri.

• Mobile application development

Ini konsepnya sangat luas, mencakup kemampuan kamu untuk merancang aplikasi, mendesain tampilannya agar mudah digunakan, mengembangkan permainan agar aplikasi digunakan dengan lebih sering, dan masih banyak lagi.

Wah, banyak juga ya skill yang dibutuhkan di era teknologi! Jangan keburu takut dulu. Kalau oma-oma dan opa-opa zaman sekarang aja bisa pakai handphone touchscreen dan media sosial, tentunya kamu juga bisa dong belajar kemampuan teknis yang baru. Soal apakah skill-nya gampang atau sulit untuk dikembangkan itu urusan belakangan, yang penting kamu berani memulai. Good luck, Berencana Squad!

KOMENTAR


idp2019 , 2019-07-01 16:57:36.556525

wah, sangat bermanfaat sekali infonya. Terima kasih berani berencana :)

Reply


RELATED ARTICLE

#TakeCTRL with Berani Berencana




Berani Berencana


Sebuah program edukasi anak muda untuk #TakeCTRL masa depan
dan lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi. Cari tahu lebih lanjut
dan konsultasikan masalah kesehatan reproduksimu sekarang melalui
media di bawah ini: