Waspadai Masalah Kesehatan Reproduksi Berikut Ini!






Berencana Squads, alat reproduksi merupakan suatu organ vital dalam tubuh manusia, kamu perlu untuk memberikan perhatian ekstra pada organ tersebut. Alat reproduksi juga merupakan suatu bagian tubuh yang sangat sensitif, sehingga rentan untuk terserang berbagai macam gangguan kesehatan reproduksi dan penyakit.

Beberapa gangguan yang menyerang kesehatan reproduksi bisa muncul dari faktor genetik maupun dari aktivitas hubungan seks yang tidak aman. Hal ini akan sangat mengkhawatirkan ketika mulai menyebabkan infeksi dan penyakit yang berkelanjutan. Sebab, bukan hanya menimbulkan ketidak-nyamanan saja, namun juga berisiko terhadap fungsi reproduksi itu sendiri salah satunya dalam hal memperoleh keturunan.

Baca Juga: Kesehatan Reproduksi: Tisu Magic... Bikin Penis Perkasa dan Makin Puas Bercinta?

Nah, untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk memahami sebetulnya ada jenis penyakit dan masalah pada kesehatan reproduksi apa aja sih yang bisa menyerang?

  1. Disfungsi Seksual

Permasalahan pertama yang bisa menyerang alat reproduksi adalah adanya disfungsi seksual. Adapun yang dimaksud dengan disfungsi seksual adalah permasalahan yang meliputi hilangnya gairah untuk berhubungan intim, rasa nyeri yang tidak wajar saat berhubungan seks, aktivitas seks yang tidak memuaskan, dan beberapa gangguan lainnya terkait aktivitas intim kamu bersama pasangan.

Disfungsi seksual ini dapat terjadi baik pada pria maupun pada wanita. Secara lebih spesifik, disfungsi seksual yang dialami pria biasanya berupa ejakulasi dini, ejakulasi tertunda, disfungsi ereksi, libido yang sangat rendah, dan lain-lain.

Adanya disfungsi seksual ini bukan hanya berpengaruh terhadap kondisi fisik dan biologis saja, namun juga bisa mempengaruhi kondisi psikis. Tidak jarang ditemui kasus pasangan yang hilang keharmonisan dan kehangatan hanya karena adanya disfungsi seksual yang tidak dipahami bersama.

Dalam hal ini, komunikasi antar pasangan memang sangat penting agar bisa mencari jalan keluar bersama-sama sehingga bisa kembali menikmati hubungan seksual dengan baik.

  1. Endometriosis

Gangguan berikutnya yang dapat menyerang alat reproduksi adalah endometriosis. Gangguan ini terjadi pada saat jaringan yang seharusnya berperan untuk melapisi dinding rahim justru malah tumbuh di luar rahim.

Contohnya, pertumbuhan tersebut bisa ditemukan pada ovarium, dinding perut, belakang rahim maupun bagian lain yang tidak seharusnya. Permasalahan ini akan menimbulkan rasanya nyeri, menstruasi yang sangat menyiksa, hingga mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Faktor munculnya endometriosis pada wanita tidak dapat diklaim atau didiagnosa sendiri oleh seseorang. Perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan apa sebetulnya penyebab dari gangguan kesehatan reproduksi yang satu ini.

  1. Kanker

Permasalahan pada kesehatan reproduksi berikutnya adalah kanker. Ketika seseorang mengidap kanker pada alat reproduksi, maka fungsi dari alat reproduksi akan menurun bahkan jika berlanjut bisa memicu kematian. Hal ini membuat kanker menjadi suatu permasalahan yang sangat ditakuti.

Pada wanita, jenis kanker yang bisa muncul adalah seperti kanker serviks (terjadi pada mulut rahim), kanker rahim, kanker vagina, kanker ovarium, dan kanker vulva.

Sedangkan pada pria, jenis kanker pada alat reproduksi bisa berupa kanker testis atau kanker prostat. Pada pria, kemungkinan terjadi kanker tersebut akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia dan riwayat kanker dalam keturunan keluarga.

Baca Juga: Vagina Bikin Celana Dalam Berubah Warna? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan Reproduksi

Itu dia beberapa permasalahan pada alat reproduksi,  pastikan bahwa kamu dan pasangan selalu menjaga kesehatan reproduksi ya, agar terhindar dari berbagai jenis permasalahan kesehatan reproduksi di atas. Jika masih ragu, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke Berani Berencana melalui WhatsApp Berani Berencana di nomor 0811-1-3900-527.

Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR



RELATED ARTICLE