Ini Dia Prinsip Hubungan Seks yang Aman dengan Pasangan






Berencana Squads, tahukah kamu jika sebetulnya semua bentuk kontak seksual memiliki risiko. Bahkan, dari hal sesederhana berciuman yang bisa menyebabkan infeksi melalui pertukaran air liur apabila dilakukan dalam kondisi tidak aman. Dari gambaran tersebut saja, kamu pasti sudah tahu jika aktivitas intim yang tidak aman bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari sifilis, gonore, klamidia, HIV, dan sebagainya.

Jika membahas tentang hubungan seks yang aman, tentunya pikiran kamu akan menuju ke penggunaan kondom. Sebab, kondom bisa menjadi cara efektif untuk mencegah kehamilan sekaligus infeksi menular seksual.

Pada dasarnya, seks aman merupakan bentuk aktivitas seksual untuk melindungi diri dan pasangan dari IMS atau infeksi menular seksual. Lebih dari sekedar penggunaan kondom, ada beberapa prinsip hubungan seks yang aman. Berikut penjelasan yang perlu kamu ketahui!

Baca Juga: Begini Tips Hubungan Seks yang Aman dari Lecet dan Bebas Nyeri

  1. Membersihkan Organ Intim Sesudah Berhubungan Seks

Sesudah melakukan hubungan seksual, kamu wajib untuk membersihkan organ intim terlebih dahulu. Hal ini akan mencegah kamu terkena infeksi jamur atau bakteri. Sebab, ketika organ intim kamu dan pasangan bersatu, keduanya bisa terpapar oleh bakteri, kuman, kotoran, dan hal-hal yang kotor semisal mulut, pelumas, tangan, hingga mainan seks atau sex toys.

Selain itu, apabila kamu ingin menggunakan sabun khusus kewanitaan, pilihlah pembersih kewanitaan yang memiliki kandungan alami dan tidak mengganggu keseimbangan pH di organ intim. Salah satu yang bisa dijadikan alternatif adalah Andalan Feminine Care dengan kandungan utama ekstrak susu. Selain itu, gunakan hanya untuk membersihkan area vulva, atau luar vagina saja. Kamu juga wajib untuk melakukan buang air kecil sesudah melakukan hubungan seks untuk mencegah infeksi saluran kencing terutama bagi perempuan.

  1. Jangan Gonta-Ganti Pasangan

Setia, tidak hanya membuat pasangan kamu semakin cinta, tapi juga menghindarkan kamu dari berbagai risiko penularan infeksi menular seksual. Jika kamu dan pasangan sudah melakukan komitmen menjalani hubungan serius atau menikah, maka batasi aktivitas seksual hanya berdua saja. Inilah hal yang utama dalam menjaga hubungan seksual yang aman.

Jika kamu sering bergonta-ganti pasangan, apalagi melakukan hubungan seks dengan orang berbeda dalam waktu yang hampir berdekatan, maka risiko terinfeksi penyakit menular seksual juga akan semakin meninggi.

Sebab, one night stand dengan orang asing sangat berisiko karena kita tidak tahu kondisi kesehatan dari orang tersebut. Inilah yang akan menjadi gerbang penyebaran infeksi menular seksual. 

Kamu juga harus tahu apa riwayat aktivitas seksual pasangan jika memang mantap untuk berhubungan seks dengannya saja. Penting sekali untuk kamu cek dulu riwayat kesehatan serta aktivitas seksualnya setiap akan memulai hubungan seksual dengan seseorang.

  1. Peka Terhadap Kondisi Tubuh Sendiri

Ada beberapa jenis infeksi menular seksual yang bahkan tidak menunjukkan tanda tertentu hingga bertahun-tahun lamanya. Maka dari itu, kamu harus selalu peka terhadap kondisi tubuh sebelum melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan kalau tubuh kamu mengalami sesuatu yang tidak normal. Diantaranya organ intim sering berdarah tanpa sebab, saat berhubungan seks dan buang air kecil akan merasakan sakit, ruam serta luka di kulit serta pada area genital.

Perhatikan juga kalau kamu mengalami keputihan yang berbeda disertai organ intim yang terasa nyeri serta gatal. Selain itu, keputihan yang tidak normal juga ditandai dengan cairan keputihan yang berwarna keruh, putih susu, kehijauan, serta berdarah. Cairan juga akan memiliki bau busuk dan amis.

Baca Juga: Rahasia Hubungan Seks yang Aman dan Memuaskan

Sebaiknya hindari berhubungan seks jika mengalami hal tersebut. Selain itu, langsung konsultasi dengan dokter jika menemukan gejala yang menurut kamu mencurigakan.

Hubungan seks yang aman sebetulnya mudah dilakukan dengan 3 prinsip tersebut serta selalu menggunakan kondom untuk mencegah terjadinya interaksi langsung organ intim kamu dengan pasangan. Hal yang tidak boleh dilupakan juga selalu jalani pemeriksanaan kesehatan secara rutin.

Nah, jika kamu ada pertanyaan lainnya, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui WhatsApp Berani Berencana di nomor 0811-1-3900-527.

Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR



RELATED ARTICLE