NULL NULL Belajar Soal Pentingnya Kontrasepsi dari Kasus Aborsi Pemeran Hometown Cha Cha Cha - Berani Berencana


Belajar Soal Pentingnya Kontrasepsi dari Kasus Aborsi Pemeran Hometown Cha Cha Cha






Berencana Squad, belakangan ini sempat marak berita mengenai kasus aborsi Choi Young-ah, mantan pacar Kim Seon-ho, pemeran serial TV populer Hometown Cha-Cha-Cha. Beberapa sumber mengatakan bahwa aborsi dilakukan karena paksaan Kim Seon-ho. Kim Seon-ho pun sempat memberikan konfirmasi dan meminta maaf secara publik. Akan tetapi, baru-baru ini muncul juga sumber-sumber lain yang mengatakan bahwa Kim Seon-ho justru banyak bersikap suportif terhadap mantan pacarnya walaupun kehamilan yang dialami tidak direncanakan, disertai dengan bukti-bukti screenshot percakapan di antara Kim Seon-ho dan Choi Young-ah. Akibatnya, kasus ini jadi terus dibahas di media. Terlepas dari apakah aborsi dilakukan atas paksaan maupun keputusan bersama, cukup jelas bahwa kehamilan yang terjadi memang tidak direncanakan dan aborsi memang telah terjadi. Dari kasus ini kita dapat belajar mengenai beberapa hal, yaitu pentingnya kontrasepsi, perlunya consent alias persetujuan bersama sebelum melakukan segala sesuatu dalam hubungan, dan pentingnya fokus terhadap rencana masa depan.

Baca juga: Maraknya Aborsi di Indonesia, Dampak dari Minimnya Pendidikan Seks Sejak Dini

  • Pentingnya kontrasepsi

Aborsi dalam kasus Choi Young-ah dan Kim Seon-ho dilakukan karena kehamilan yang dialami merupakan kehamilan yang tidak direncanakan. Padahal, kehamilan tersebut sebetulnya bisa dicegah. Pasangan yang sudah aktif secara seksual bisa mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dengan menggunakan kontrasepsi modern secara tepat dan konsisten setiap kali berhubungan seks. Mulai dari kondom, pil KB, suntikan KB, KB implan, hingga IUD tembaga, seluruhnya bisa digunakan untuk mencegah kehamilan dengan efektif. Kondom bisa dibeli dengan bebas di apotek, minimarket, dan di gerai-gerai online terpercaya. Sementara itu, untuk memperoleh kontrasepsi lainnya, kamu tinggal mendatangi dokter atau bidan dan menyatakan kebutuhanmu berkontrasepsi.

  • Perlunya consent alias persetujuan bersama sebelum mengambil tindakan dalam hubungan

Karena kasus ini masih diperdebatkan, memang kurang jelas apakah aborsi terjadi atas paksaan atau keputusan bersama. Meskipun begitu, kita jadi belajar bahwa consent alias persetujuan bersama itu penting dalam hubungan. Hubungan seks saja tidak boleh dipaksa, apalagi aborsi.

Apakah berarti Kim Seon-ho harusnya meminta Choi Young-ah mempertahankan janinnya? Bukan begitu juga, sebab kehamilan pun tidak boleh dipaksa. Solusi yang lebih baik adalah mencegah kehamilan dengan berkontrasepsi sejak awal. Bila memang kehamilan sudah terlanjur terjadi, carilah jalan tengah yang sama-sama bisa disetujui oleh kedua belah pihak.

  • Pentingnya fokus terhadap rencana masa depan

Dalam kasus Kim Seon-ho, punya anak secara mendadak akan mengganggu aktingnya. Akhirnya dilakukan aborsi. Aborsi itupun akhirnya berdampak terhadap reputasi Kim Seon-ho, sampai-sampai kontraknya dengan sejumlah film dan acara dibatalkan. Pesan moralnya… Punya pacar tentunya boleh-boleh aja, namun tetaplah mempertahankan fokus terhadap rencana masa depanmu. Kamu mungkin punya cita-cita yang ingin dikejar terlebih dahulu. Hubungan romantis yang baik dengan pacar seharusnya mendukungmu, bukan menjadi distraksi atau justru penghalang.

Baca juga: Kontrasepsi Darurat Bukan Pil Aborsi, Ini 5 Perbedaannya

Berencana Squad, itulah 3 hal yang bisa dipelajari dari kasus aborsi pemeran Hometown Cha Cha Cha. Selain itu, kalau kamu masih punya pertanyaan mengenai kontrasepsi atau kehamilan yang tidak direncanakan, kamu boleh menghubungi Berani Berencana melalui:

- WhatsApp Chat: WhatsApp Berani Berencana

- Line Chat: Line Berani Berencana

- Webchat: available di situs Berani Berencana

Segala informasi yang kamu sampaikan akan dijaga kerahasiaannya. Yuk, konsultasi ke Berani Berencana!

KOMENTAR



RELATED ARTICLE